Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah untuk Menabung pada Produk Tabungan Haji Ib Maslahah di Bank BJB Syariah


Fathin Anjani Hilman(1*), Putri Diesy Fitriani(2), Duden Aiman Soleh(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung tabungan haji iB Maslahah di Bank BJB Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis analisis uji regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis simultan dengan menggunakan uji F dengan sampel berjumlah 100 partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis regresi berganda terkait variabel pelayanan, promosi, lokasi dan pengetahuan memiliki hubungan yang positif. Kemudian, hasil uji koefisien determinasi dinyatakan bahwa pelayanan, promosi, lokasi dan pengetahuan memiliki pengaruh sebesar 74% dan hasil uji hipotesis simultan menggunakan uji F dinyatakan bahwa H0 diterima yang mana bahwa variabel pelayanan, promosi, lokasi dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung tabungan haji di bank BJB Syariah.


Keywords


Tabungan Haji dan Umrah; Nasabah; BJB Syariah.

Full Text:

PDF

References


Akbar, N. (2019). Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 76–95. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4260

Aravik, H., & Hamzani, A. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. UII PRess.

Arifin, N. (2022). Kemenag Sebut Antrian Kuota Haji MAsa Pendemi 55 Tahun Ini Penyebabnya. Haji.Kemenag.Go.Id.

BJB Syariah. (nd). Tabungan Haji IB Maslahah. Diakses melalui: https://www.bjbsyariah.co.id/tabungan-haji-ib-maslahah pada 18 Desember 2022.

Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan, (2000).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Janwari, Y. (2015). Fikih Lembaga Keuangan Syariah. Rosda.

Karim, A., & A. (2017). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Fajar Interpratama Mandiri.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Retail. Gramedia Pustaka Utama.

Maghfirah, L., & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 109–126. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKI/article/view/13022

Muhammad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Raja Grafindo Press.

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah Di Kelas Xi Ips Man 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 53–66. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Munandar, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Pt. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Darussalam. Al - Muamalat: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4(2), 101–120. https://doi.org/10.32505/muamalat.v4iii.1377

Priyanti, Y. (2021). Analisis Mekanisme Penghimpunan Dana Tabungan Haji Dengan Akad Wadi ’ ah Pada BSI KCP Palembang Merdeka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2), h.276.

Santoso, T. B., & Triandaru, S. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Salemba Empat.

Sudarsono, H. (2007). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Edisi II). Ekonisia.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Prenamedia Group.

Undang-Undang RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Pub. L. No. UU No 10 Tahun 1998, Lembaran Negara Republik Indonesia 182 (1998). http://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, Pub. L. No. 21, 100 Physical Review A 1612 (2008). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf%0Ahttp://sch

Akbar, N. (2019). Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 76–95. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4260

Aravik, H., & Hamzani, A. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. UII PRess.

Arifin, N. (2022). Kemenag Sebut Antrian Kuota Haji MAsa Pendemi 55 Tahun Ini Penyebabnya. Haji.Kemenag.Go.Id.

BJB Syariah. (nd). Tabungan Haji IB Maslahah. Diakses melalui: https://www.bjbsyariah.co.id/tabungan-haji-ib-maslahah pada 18 Desember 2022.

Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan, (2000).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Janwari, Y. (2015). Fikih Lembaga Keuangan Syariah. Rosda.

Karim, A., & A. (2017). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Fajar Interpratama Mandiri.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Retail. Gramedia Pustaka Utama.

Maghfirah, L., & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 109–126. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKI/article/view/13022

Muhammad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Raja Grafindo Press.

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah Di Kelas Xi Ips Man 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 53–66. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Munandar, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Pt. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Darussalam. Al - Muamalat: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4(2), 101–120. https://doi.org/10.32505/muamalat.v4iii.1377

Priyanti, Y. (2021). Analisis Mekanisme Penghimpunan Dana Tabungan Haji Dengan Akad Wadi ’ ah Pada BSI KCP Palembang Merdeka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2), h.276.

Santoso, T. B., & Triandaru, S. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Salemba Empat.

Sudarsono, H. (2007). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Edisi II). Ekonisia.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Prenamedia Group.

Undang-Undang RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Pub. L. No. UU No 10 Tahun 1998, Lembaran Negara Republik Indonesia 182 (1998). http://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, Pub. L. No. 21, 100 Physical Review A 1612 (2008). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf%0Ahttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Six+easy+pieces:+essentials+of+physics,+explained+by+its+most+brilliant+teacher#0%0Ahttp://arxiv.org/abs/1604.07450%0Ahttp://www.theory

Wangsawidjaja, A. (2012). Pembiayaan Bank Syariah. PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276