Strategi Peningkatan Pelayanan Terhadap Jamaah Haji Dan Umrah


Sinta Nurasyiah(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan terhadap jamaah haji dan umrah di PT. Cahaya Raudhah serta untuk mengetahui dampak dari strategi yang telah diberikan untuk meningkatkan pelayanan pada jamaah haji dan umrah di PT. Cahaya Raudhah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan tekhnik penelitiann yang digunakan dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan PT. Cahaya Raudhah untuk meningkatkan pelayanan pada jamaah haji dan umrah yaitu dengan memberikan perlengkapan yang lengkap, staf yang professional dan pembimbing bersertifikat nasional, memberikan layanan informasi, bekerja sama dengan mitra usaha yang telah diberikan sudah baik. Dampak yang diterima oleh PT. Cahaya Raudhah dari jamaah terkait pelayanan ibadah haji dan umrah yaitu meningkatnya kepercayaan serta menambahnya jumlah jamaah yang mendaftar.


Keywords


Strategi; Pelayanan; Haji; Umrah

Full Text:

PDF

References


Thib Raya Ahmad, Siti Musdah Mulia. 2003. Menyelami seluk beluk ibadah dalam islam. Jakarta: Prenada Media.

ArifNurawi. 2008.MenujuPelayananPrimaHajiBerbasisSMMISO9001Dinamika Perspektif Haji di Indonesia. Jakarta: Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kamil, Taufik. 2002. BPIH dari tahun ketahun, faktual aktual atau komersil. Kasmir. 2006. Etika Customer Service. Jakarta: Rajawali.

Kastini, Abdul Aziz. 2007. Ibadah Haji dalam Sorotan Publik. Jakarta: Puslitbang. Saladin, Djasli. 2011. Manajemen Strategik. Bandung: Agung Ilmu.

Sinambela, Lijan Poltaj. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Supratikno Hendrawan. 2005. Advanced Strategic Management. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Umum.

Wahyu, Dorothe. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276