Penerapan PT Manajemen Qolbu Equestrian Dalam Membina Hubungan Kerja Yang Harmonis
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v8i4.34135Abstract
Karyawan dalam suatu lingkungan kerja memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga terdapat dinamika komunikasi yang kompleks. Human relations hadir sebagai pelumas komunikasi melalui konsep komunikasi etis yang berorientasi pada kehidupan batiniah karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tahap input human relations perusahaan berupa fasilitas kerja, tahap proses berupa pengelolaan program internal oleh public relations dan tahap output harmonisasi hubungan kerja. Referensi kategorisasi tersebut berdasarkan teori hubungan manusiawi oleh Elton Mayo. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam yang dikaji berdasarkan metode analisis deskriPTif. Penelitian ini menghasilkan kategorisasi tahap input, proses dan output human relations PT Manajemen Qolbu Equestrian yang mengindikasikan harmonisasi hubungan berdasarkan nilai spiritual.
Kata Kunci : Human Relations, Public Relations, Nilai Spiritual, PT Manajemen Qolbu Equestrian



