Strategi Public Relations Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung Membangun Corporate Branding
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.37366Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi public relations yang dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dalam melakukan corporate branding dengan menggunakan model VCI (Vision, Culture, Image) melalui tahapan strategic vision, organizational culture, dan stakeholder images. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif sehingga metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tahap wawancara dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung berhasil melakukan strategi public relations melalui model brand toolkit dengan tahapan konsep VCI, dengan indikator sebagai berikut: pertama, strategic vision yaitu dengan menerapkan strategi pelayanan baik, pemberdayaan, dan publikasi, kedua yaitu organizational culture dengan membangun budaya kekeluargaan yang diterapkan melalui kolaborasi, pembinaan dan rekapitulasi, ketiga yaitu stakeholder images dengan melakukan upaya menciptakan serta menjaga citra baik. Dengan begitu melalui penelitian ini menunjukkan pemahaman strategi corporate branding yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dalam menciptakan citra positif.Â
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti. D. R dkk (2018) Pengelolan Pemeliharaan Citra Melalui Pameran Humas. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. 3 No. 4 40-58
BADAN PUSAT STATISTIK KOTA BANDUNG. (2023). Berita Resmi Statistik. No. 14/12/3273. Th. VI.
Chang, A., Chian, H-H., & Han, T.S. (2015). InvestigatingThe Dual-route Effects of Corporate Brand on Brand Equity.
Chiwanza, W. (2019). The Impact of Corporate Branding On Company Performance. A Case Study of Olivine Industries
Cutlip, S.M., Center, A.H., & Broom, G.M. (2018). Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Jakarta : Kencana
Effendi, E., Medvi, A., Rinaldi, A.D., Mufida, N.D., Sugiharto, R. (2024) Strategi Public Relations Partai Persatuan Pembangunan dalam Membangun Citra Positif Masyarakat di Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 8(1), Hal. 4129-4137
Effendy. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya
Filayly, Tri Nurul. Ruliana, Poppy. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3(1), 2022, hal. 29-40.
Hatch, M. J. and Schutlz, M. 2018. Taking Brand Initiative: How Companies Can Align Strategy, Culture, and Identity Through Corporate Branding. CA: Jossey-Bass.
Herawaty, T., Chan, A., & Muhyi, A. H. (2018). Corporate Branding Strategy of UNPAD to Reach Vision UNPAD 2026. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.3, (3). hal 207-217.
Jaelani, E. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Bank “X†Di Bandung. JSMA: Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 25–36.
Kartasasmita, G., 1997, Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat, Jakarta : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
Kim, John, Allen, Chris T. dan Kardes, Frank. (1996). An Investigation of the Mediational Mechanism Underlying Attitudional Conditioning. Journal of Marketing Research. 33. 318-328
Kotler, P., & Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke-13. Jakarta : Erlangga
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210.
Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59.
Ruliana, P. (2018). Komunikasi Organisasi:Teori dan studi Kasus. Rajawali, Pers
Samans, R., & Nelson, J. (2022). Sustainable Enterprise Value Creation. In Sustainable Enterprise Value Creation. Springer International Publishing.
Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Triana, D., Suryana, A., & Supriadi, D. (2022). PENGARUH CORPORATE BRANDING BADAN PUSAT STATISTIK TERHADAP EVALUASI PRODUK SUSENAS. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 5, Issue 1).
Ulfah, H. M. H., & Kurniadi, Oji. (2018). Corporate Branding PT. Pos Indonesia (Studi Kasus PT. Pos Indonesia dalam menghadapi persaingan). Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. Vol.4, (2). 398-408.
Widijanta, Thalita Putri. (2023). Strategi Public Relations PT. Adaro Indonesia dalam Mempertahankan Citra Positif Perusahaan. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7, No.3, Hal. 2185-21831.