Pengelolaan Cyber Public Relation Melalui Instagram @Masjidrayaaljabbar

Authors

  • Gisna Prima Rembulan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Lida Imelda Cholidah
  • Barzan Faizin

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.38881

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Cyber Public Relations melalui Instagram @Masjidrayaaljabbar. Penelitian ini diteliti menggunakan konsep yang dikemukakan oleh David Armano yaitu konsep 4C Public Relations. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran informasi mengenai kegiatan cyber public relations pada Instagram Masjid Raya Al-Jabbar. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Masjid Raya Al-Jabbar melakukan kegiatan cyber public relations dalam empat tahapan.

References

Aaker, D. A. 1991. Managing brand Equity California: Free Press

Anggoro, M. Liggar. 2000. Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Aprianta, Gita. 2014. Strategi Cyber Relations Dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. Ilkom Universitas Semarang : The Messenger, Volume VI, Nomor 1, Edisi Januari 2014.

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soleh Soemirat. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Brown, B. 2018. dare to lead. New York: Random House

Cameron, K.S. 1999. Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework 3rd Edition. Journal of Organizational Change Management,

Duarte, N. 2010. Resonate: Present Visual Stories that Transform Audiences. New York: John Wiley and Sons.

Edmondson, A.C. 2018. The Fearless Organization: Creating Psychological Safety in the Workplace for Learning, Innovation, and Growth. New York : Wiley

Firgiany, Nabila Azzahra & dkk. 2023. Pengaruh Pesan Sosialisasi Kebijakan Pendaftaran BPJS Terhadap Perubahan Sikap Peserta Yakes Telkom Dalam Usaha Menjaring Kepesertaan BPJS. Universitas Telkom : e proceeding of management vol. 10, No.4 Agustus 2023.

Fishin, J . 2009. When the People Speak: Deliberative Democracy and Public Consultation. Oxford : OUP Oxfod

Hardin, R. 2002. Trust and Trustworthiness, New York : Russel Sage Foundation

Kirk, J. & Miller. 1986. Reliability and Validity in Qualitative Research, Beverly Hills, CA, Sage Publications.

Kotter, J.P. 2019. Accelerate. Jakarta: Elex Media Komputindo

Mintzberg, H. 1994. The rise and fall of strategic planning. New York: Prentice Hall

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mubaroq, Husni & Yulia Nurul Hidayati. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. FISIP Universitas Panca Marga Probolinggo : POPULIKA/ Vol.10 No. 2 Tahun 2022

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Rembulan, G. P., Cholidah , L. I., & Faizin, B. (2024). Pengelolaan Cyber Public Relation Melalui Instagram @Masjidrayaaljabbar. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.38881

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>