Manajemen Public Relations Melalui Media Internal “Milis Broadcast“ dalam Menjali Hubungan Harmonis dengan Karyawan Kantor Pusat PT. KAI (Persero)
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v7i1.29779Abstrak
Referensi
Adiatama, B. (2022). Pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi sebagai bentuk kegiatan online public relations: Studi deskriptif pada media sosial kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe Madya Pabean Cikarang [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Ardianto, E. (2014). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bachri, B. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1).
Certo, S. C., & Certo, S. T. (2006). Modern management. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Cutlip, S. M., & Center, A. H. (1982). Effective public relations. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Inc.
Cutlip, S. M. (2006). Public relations. Jakarta: Pearson Education.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2007). Effective public relations (Edisi IX, cetakan ke-2). Jakarta: Kencana.
Effendy, O. U. (1999). Hubungan masyarakat: Suatu studi komunikologis (Cetakan kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (1992). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (1984). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Rosda Karya.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Fabrizio Revand Tannur, F., Lesmana, F., & Yogatama, A. (2021). Evaluasi aktivitas media relations Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, 9(2), 1-8.
Fauziah, S. (2022). Strategi pemberdayaan ekonomi perempuan melalui UMKM pelestarian budaya kampung Batik Telaga: Studi deskriptif kampung Batik di Telaga Murni Cikarang Barat Kabupaten Bekasi [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
G. R. Terry. (1993). Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
G. R. Terry, Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, O. (2021). Manajemen hubungan masyarakat pada konten YouTube: Studi deskriptif kualitatif pada bidang hubungan masyarakat PT. Dirgantara Indonesia [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Ilmiyanti, N. A. Penggunaan media internal dan pemenuhan kebutuhan informasi [Digilib UNS].
Iriantara, Y. (2004). Manajemen strategis public relations. Jakarta: Ghalia.
Ismail, A. D., Jamil, A. F., & Adityo. (2018). Manajemen humas SMK Muhammadiyah 9 Wagir untuk meningkatkan kredibilitas sekolah [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Jefkins, F. (1995). Public relations. Jakarta: Erlangga.
Jefkins, F. (2003). Public relations. Jakarta: Erlangga.
Kasali, R. (1994). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Laila, S. N. (2022). Strategi dakwah Dewan Kemakmuran Masjid dalam pemberdayaan masyarakat: Studi deskriptif Jamaah Masjid Al-Muhajirin Perumahan Blok I Dukuh Zamrud Mustikajaya Kota Bekasi [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Maulida. (2020). Teknik pengumpulan data dalam metodologi penelitian. Jurnal Mappesona, 21(2).
Meliala, J. S. (2005). Profil kompetensi manajer dengan menggunakan pendekatan gabungan model OPM, Spencer, dan Henry Mintzberg (Studi kasus: Divisi SDM dan organisasi PT Inti). Jurnal Bisnis: Manajemen & Ekonomi, Universitas Widyatama, 6(3).
Mulya, W. (2019). Pengelolaan digital PR dalam mengemas konten dakwah di Instagram @masjidtrans [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Musfialdy. (2012). Organisasi dan komunikasi organisasi. Jurnal Kutubkhannah, 15(1), 83-94.
Moore, F. H. (2004). Hubungan masyarakat: Prinsip, kasus, dan masalah. Jakarta.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Profil Perusahaan PT. KAI (Persero) 2022. Diakses pada tanggal 21 Juli 2023 pukul 20.00 WIB dari https://www.kai.id/.
Rachmadi, F. (1992). Public relations dalam teori dan praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rahmat, J. (1993). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal UIN Antasari, 17(33).
Rimayanti. (2014). Manajemen humas dalam memelihara citra perusahaan [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].
Rina Juwita. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47-60.
Ruliana, P. (2014). Komunikasi organisasi: Teori dan studi kasus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rumanti, M. A. (2002). Dasar-dasar public relations. Jakarta: Grasindo.
Ruslan. (2006). Manajemen public relations & media komunikasi. Jakarta.
Rusli, F. H., & Swarnawati, A. (2022). Pendekatan public relations politik Bawaslu Buton Selatan dalam pengawasan kampanye pemilihan umum tahun 2019. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 194-209.
Sari, W. P., & Mufidah, F. H. (2020). Strategi humas KPAI dalam melaksanakan tugas pengawasan pada kasus bullying terhadap guru, Januari-April, 2019. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 50-69.
Siagian, S. P. (2003). Manajemen sumber daya manusia (Edisi satu, cetakan kesepuluh). Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, A., & Pasaribu, R. (2003). Bagaimana mengelola media korporasi organisasi. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmana, U. Peran rubrik Persib mania dalam meningkatkan minat pelanggan pada Koran Harian Tribun Jabar Bandung [Repository UNPAS].
Sukarna. (2011). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Tague-Sutcliffe, J. M. (1996). Some perspectives on the evaluation of information retrieval systems. Journal of the American Society for Information Science, 47(1), 1–3.
Tri Nurul Filayly, & Ruliana, P. (2022). Strategi public relations dalam memulihkan citra perusahaan. Parahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 29-40.
Urina Kesumawati. (2000). Pengaruh peranan kepemimpinan terhadap semangat ketua karyawan PT. Toko Gunung Agung cabang Plasa Tunjungan II Surabaya [Skripsi thesis, Universitas Airlangga.



