Manajemen Public Relations Melalui Media Internal “Milis Broadcast“ dalam Menjali Hubungan Harmonis dengan Karyawan Kantor Pusat PT. KAI (Persero)


Nadya Anggitia(1*), Dadan Suherdiana(2), Paryati Paryati(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to to find out the stages carried out by Public Relations Management through the Internal Media "Mailing List Broadcast" in Establishing Harmonious Relationships with Employees of the Head Office of PT KAI (Persero) in running the program held `through Mailing List Broadcast from planning, organizing, actuating, and controlling. This research uses a qualitative approach with descriptive research. This research uses POAC theory which describes the stages in establishing harmonious relations with employees of the head office of PT KAI (Persero). The results of this study indicate that the management of Public Relations through Mailing Lists Broadcast which includes planning, organizing, implementing and supervising. The first focus, planning (planning) carried out by the Head Office of PT. KAI (Persero) with the intention of determining the relationship between employees and the public. In public relations management, internal media such as mailing lists have a crucial role in establishing harmonious relationships with employees at the Head Office of PT KAI (Persero). Through planning, organizing, implementing and monitoring can make communication well established for internal audiences more effectively and efficiently.

Full Text:

PDF

References


Adiatama, B. (2022). Pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi sebagai bentuk kegiatan online public relations: Studi deskriptif pada media sosial kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe Madya Pabean Cikarang [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Ardianto, E. (2014). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bachri, B. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1).

Certo, S. C., & Certo, S. T. (2006). Modern management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Cutlip, S. M., & Center, A. H. (1982). Effective public relations. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Inc.

Cutlip, S. M. (2006). Public relations. Jakarta: Pearson Education.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2007). Effective public relations (Edisi IX, cetakan ke-2). Jakarta: Kencana.

Effendy, O. U. (1999). Hubungan masyarakat: Suatu studi komunikologis (Cetakan kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (1992). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (1984). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Rosda Karya.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Fabrizio Revand Tannur, F., Lesmana, F., & Yogatama, A. (2021). Evaluasi aktivitas media relations Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, 9(2), 1-8.

Fauziah, S. (2022). Strategi pemberdayaan ekonomi perempuan melalui UMKM pelestarian budaya kampung Batik Telaga: Studi deskriptif kampung Batik di Telaga Murni Cikarang Barat Kabupaten Bekasi [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

G. R. Terry. (1993). Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

G. R. Terry, Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.

Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, O. (2021). Manajemen hubungan masyarakat pada konten YouTube: Studi deskriptif kualitatif pada bidang hubungan masyarakat PT. Dirgantara Indonesia [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Ilmiyanti, N. A. Penggunaan media internal dan pemenuhan kebutuhan informasi [Digilib UNS].

Iriantara, Y. (2004). Manajemen strategis public relations. Jakarta: Ghalia.

Ismail, A. D., Jamil, A. F., & Adityo. (2018). Manajemen humas SMK Muhammadiyah 9 Wagir untuk meningkatkan kredibilitas sekolah [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Jefkins, F. (1995). Public relations. Jakarta: Erlangga.

Jefkins, F. (2003). Public relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (1994). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Laila, S. N. (2022). Strategi dakwah Dewan Kemakmuran Masjid dalam pemberdayaan masyarakat: Studi deskriptif Jamaah Masjid Al-Muhajirin Perumahan Blok I Dukuh Zamrud Mustikajaya Kota Bekasi [Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Maulida. (2020). Teknik pengumpulan data dalam metodologi penelitian. Jurnal Mappesona, 21(2).

Meliala, J. S. (2005). Profil kompetensi manajer dengan menggunakan pendekatan gabungan model OPM, Spencer, dan Henry Mintzberg (Studi kasus: Divisi SDM dan organisasi PT Inti). Jurnal Bisnis: Manajemen & Ekonomi, Universitas Widyatama, 6(3).

Mulya, W. (2019). Pengelolaan digital PR dalam mengemas konten dakwah di Instagram @masjidtrans [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Musfialdy. (2012). Organisasi dan komunikasi organisasi. Jurnal Kutubkhannah, 15(1), 83-94.

Moore, F. H. (2004). Hubungan masyarakat: Prinsip, kasus, dan masalah. Jakarta.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Profil Perusahaan PT. KAI (Persero) 2022. Diakses pada tanggal 21 Juli 2023 pukul 20.00 WIB dari https://www.kai.id/.

Rachmadi, F. (1992). Public relations dalam teori dan praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahmat, J. (1993). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal UIN Antasari, 17(33).

Rimayanti. (2014). Manajemen humas dalam memelihara citra perusahaan [Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Rina Juwita. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47-60.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi organisasi: Teori dan studi kasus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rumanti, M. A. (2002). Dasar-dasar public relations. Jakarta: Grasindo.

Ruslan. (2006). Manajemen public relations & media komunikasi. Jakarta.

Rusli, F. H., & Swarnawati, A. (2022). Pendekatan public relations politik Bawaslu Buton Selatan dalam pengawasan kampanye pemilihan umum tahun 2019. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 194-209.

Sari, W. P., & Mufidah, F. H. (2020). Strategi humas KPAI dalam melaksanakan tugas pengawasan pada kasus bullying terhadap guru, Januari-April, 2019. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 50-69.

Siagian, S. P. (2003). Manajemen sumber daya manusia (Edisi satu, cetakan kesepuluh). Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, A., & Pasaribu, R. (2003). Bagaimana mengelola media korporasi organisasi. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, U. Peran rubrik Persib mania dalam meningkatkan minat pelanggan pada Koran Harian Tribun Jabar Bandung [Repository UNPAS].

Sukarna. (2011). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Tague-Sutcliffe, J. M. (1996). Some perspectives on the evaluation of information retrieval systems. Journal of the American Society for Information Science, 47(1), 1–3.

Tri Nurul Filayly, & Ruliana, P. (2022). Strategi public relations dalam memulihkan citra perusahaan. Parahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 29-40.

Urina Kesumawati. (2000). Pengaruh peranan kepemimpinan terhadap semangat ketua karyawan PT. Toko Gunung Agung cabang Plasa Tunjungan II Surabaya [Skripsi thesis, Universitas Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v7i1.29779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.