Kampanye Public Relations Program Stopan Jabar sebagai upaya Menurunkan Perkawinan Anak di Jabar

Authors

  • Ratu Salma Salsabila UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.37528

Abstract

Humas pemerintahan merupakan bagian struktur pemerintahan yang fokus dalam membangun hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat. Tugas utama humas pemerintahan yaitu melibatkan penyampaian informasi kepada khalayak, menjelaskan kebijakan yang ditetapkan pemerintah, membangun dan mengelola citra perusahaan dan merespon berbagai isu yang beredar dikalangan masyarakat. Perkawinan anak merupakan salah satu isu yang beredar dikalangan masyarakat, dengan melonjaknya angka perkawinan anak di jawa barat Gubernur Jawa Barat meminta DP3AKB Provinsi Jawa Barat untuk menjalankan program “Stopan Jabar†(Stop Perkawinan Anak di Jabar) secara daring dan juga luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan kampanye Public Relations DP3AKB Provinsi Jawa Barat pada Program Stopan Jabar melalui proses identifikasi masalah, pengelolaan yang terbagi menjadi perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan model kampanye Leon Ostegaard dan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang menggambarkan secara detail dan mengumpulkan data yang valid kegiatan kampanye public relations program stopan jabar dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa DP3AKB Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan Kampanye public relations dengan tiga tahapan. Pertama tahap Identifikasi Masalah yaitu mengenai analisis faktor tingginya angka perkawinan anak dijabar dan landasan kampanye program Stopan Jabar. Kedua tahap Pengelolaan yang membahas dua tahapan yaitu perencanaan dalam menentukan target sasaran, perancangan pesan, pemilihan komunikator dan juga media. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan kampanye berbasis seminar, webinar atau gabungan serta pembinaan untuk disampaikan kepada masyarakat secara continue. Ketiga tahap Evaluasi yang dilakukan oleh DP3AKB Provinsi jawa barat yaitu melakukan monitoring serta memantau indikator ketercapaian kampanye program stopan jabar.

References

Abidin, Y. Z. 2015. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Aldily, R. (2017). 101 Amazing Public Relation Ideas. Anak Hebat Indonesia.

Amalia, V., Solahudin, D., & Risdayah, E. (2020). Model Ostergaard dalam Mengkampanyekan QRCode Indonesia Standard (QRIS). Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 3(4), 312.

Antar Venus. (2019). Manajemen Kampanye. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Ariansyah, A., & Warta, H. W. (2019). Perancangan Kampanye Sosialpencegahan Dan Antisipasi Microsleep. Adi Ariansyah: 146010054 (Doctoral Dissertation, Desain Komunikasi Visual).

Astuti, Ma'arif,fuad &Paryati (2020).Analisa Pengelolaan Kampanye Public Relations tentang Pencegahan Covid-19 di Indonesia.

Budiani, Ni Wayan. (2007). “Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran

Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti†Desa Sumatera Kelod Kecamatan

Denpasar Timur Kota Denpasarâ€. Jurnal Ekonomi dan Sosial. Vol. 2, No. 1 hlm. 53.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Chairunnisa, (2021) Evaluasi pelaksanaan kampanye melalui media sosial pada pemilihan umum kota makassar tahun 2020 di tengah pandemi covid 19.

Cindi, O. P. (2023). Strategi Public Relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 Dalam Menarik Sponsorship (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Cutlip, S., Center, S., & Broom, G. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media.

Cutlip, Scott M. Center., Allen H. dan Glenn M. Broom. (2011). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Cet. Ke-4. Jakarta: Prenada Media Group

Damiarti, A. A., Damayanti, T. T., & Nugrahai, A. R. (2019). Kampanye# Thinkbeforeyoushare oleh organisasi do something indonesia untuk mengubah perilaku generasi milenial. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 4(1), 65-94.

Dewi, W. W. A., & Syauki, W. R. (2022). Pesan Kampanye Non-Government Organization terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 159-171.

Dewi(2018).Strategi Humas Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) dalam memsosialisasikan program Stop Perkawinan Anak di Kabupaten Indramayu.

Djamilah, D., & Kartikawati, R. (2014). Dampak perkawinan anak di Indonesia. Jurnal Studi Pemuda, 3(1), 1-16.

Dorondos, S. (2014). Perkawinan Anak di Bawah Umur dan Akibat Hukumnya. Lex Et Societatis, 2(4). Fariastuti, I., & Pasaribu, M. (2020). Kampanye Public Relations#Medialawancovid19 Di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 212-220.

Fikri Sabarsyah, M., & Suherman, M. (2023). Implementasi Public Relations

Forum Anak Daerah Jawa Barat dalam Mewujudkan Provinsi Layak Anak. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 3, No. 2, pp. 755-762).

Firman, S. N. (2022). Analisis Pelaksanaan Isps Code Di Kapal Mv. Lumoso Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral Dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang).

Inayati, I. N. (2015). Perkawinan Anak Di Bawah Umur Dalam Perspektif Hukum, Ham Dan Kesehatan. Jurnal Bidan, 1(1), 46-53.

Indrawan, C. A., Bramantijo, B., & Sutanto, R. P. (2013). Perancangan Kampanye Sosial Tentang Penggunaan Lajur Bersepeda Di Kota Surabaya. Jurnal DKV adiwarna, 1(2), 13.

Ishak, A. (2012). Peran public relations dalam komunikasi organisasi. Jurnal Aspikom, 1(4), 373-380. Jeffkins, F. (2003). Public Relations Edisi Kelima Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Khoerunnisa,Abidin,Ma'arif(2018).Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman

Maryam, S., Prasetyo, P., & Mahdalena, V. (2021). Literasi Media Digital Pada Kampanye Greenpeace Id Di Media Sosial Instagram Dalam Merubah Perilaku Masyarakat. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1-12.

Meidita, A. (2019). Pengaruh pelatihan dan kompetensi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 226-237.

Meilanny(2021). Kampanye Public Relations dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan di Jawa Barat.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Moursi, S. A., Abdillah, F., Ds, M., & Ds, P. M. S. S. M. (2020). Perancangan Kampanye Sosial Penganggulangan Gangguan Kecemasan Pada Mahasiswa Dan Pekerja Di Kota Bandung. Shaima Antar Moursi: 166010041 (Doctoral Dissertation, Desain Komunikasi Visual).

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Salsabila, R. S., & Paryati. (2025). Kampanye Public Relations Program Stopan Jabar sebagai upaya Menurunkan Perkawinan Anak di Jabar. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(3), 295–314. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.37528

Citation Check