Strategi Digital Public Relations Melalui Media Sosial YouTube "Kereta Api Kita" Dalam Upaya Menjaga Eksistensi PT. KAI (Persero) di Era Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.29770Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai strategi public relations (PR) yang diterapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menghadapi era industri 4.0 yang bertujuan untuk mengetahui riset formatif, penyusunan strategi, penerapan taktik, dan riset evaluasi pada pengelolaan YouTube “Kereta Api Kita†sebagai saluran informasi yang memainkan peran penting dalam menjaga eksistensi PT. KAI (Persero). Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori The Nine Steps of Strategic Public Relations oleh Ronald D. Smith, melalui empat fase di antaranya: fase pertama: formative research (riset formatif), fase kedua: strategy (strategi), fase ketiga: tactics (taktik), dan fase keempat: evaluative research (riset evaluasi). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa digital public relations PT. KAI (Persero) telah melakukan berbagai cara untuk menjaga eksistensi. Fase pertama, riset formatif dengan melakukan pemahaman mendalam tentang tren dan preferensi aundiens, mengelola alat analisis kanal YouTube, serta respon masyarakat pada konten yang diunggah. Fase kedua yakni strategi dengan melakukan konsistensi penggunggahan konten, perencanaan konten yang cemat, dan kolaborasi dengan influencer internal maupun eksternal perusahaan. Fase ketiga yakni taktik dengan memanfaatkan fitur-fitur YouTube dan berfokus pada konten informatif. Fase terakhir yakni riset evaluasi dengan melakukan pengembangan konten dan interaksi dengan audiens, menentukan prioritas konten di masa mendatang, serta memastikan kesesuaian rencana strategis dengan perubahan minat audiens guna menjaga eksistensi PT. KAI (Persero) di era industri 4.0 melalui media sosial YouTube “Kereta Api Kitaâ€.
Â
This research aims to find out in depth about the public relations (PR) strategy implemented by PT Kereta Api Indonesia (Persero) in facing the industrial era 4.0 which aims to find out formative research, strategy development, tactics implementation, and evaluation research on YouTube management "Kereta Api Kita" as an information channel that plays an important role in maintaining the existence of PT KAI (Persero). This research uses a skinative approach with descriptive methods and data collection techniques through observation and in-depth interviews. This research uses the theory of The Nine Steps of Strategic Public Relations by Ronald D. Smith, through four phases including: the first phase: formative research, the second phase: strategy, the third phase: tactics, and the fourth phase: evaluative research. The results of the study concluded that digital public relations of PT KAI (Persero) has done various ways to maintain existence.. The first phase is formative research by conducting an in-depth understanding of trends and preferences of audiences, managing YouTube channel analysis tools, and public response to uploaded content. The second phase, strategy, involves consistent content uploading, careful content planning, and collaboration with internal and external influencers. The third phase is tactics by utilizing YouTube features and focusing on informative content. The last phase is evaluation research by developing content and interacting with audiences, determining future content priorities, and ensuring the suitability of strategic plans with changes in audience interests to maintain the existence of PT KAI (Persero) in the industrial era 4.0 through the YouTube social media "Kereta Api Kita".
References
Abidin, Zainal. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Baldassari, P. & Roux, J. D. (2017). Industry 4.0 - Preparing for the future. Journal of Nurse Educator. People & Strategy, 20–23.
Ekawati, Dian. (2015). Eksistensialisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 12, No. 1.
Franklin, B., Hogan, M., Langley, Q., Mosdell, N. & Pill, Elliot. (2009). Public Relations. London: Sage Publications Inc.
Fuchs, Christian. (2018). Industry 4.0: The digital German ideology. Journal of TripleC: Communication, Capitalism & Critique, 16(1), 280–289.
Gilchrist, Alasdair. (2016). Industry 4.0 The Industrial Internet of Things. California: Apress.
Gumilang, N. A. (2018). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia Group.
Hatmoko, J. U. D., et al (2021). Revolusi Industri 4.0 Perspektif Teknologo, Manajemen, dan Edukasi. Yogyakarta: ANDI.
Hidayat, Dasrun. (2014). Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public relations Sebagai Metode Kerja Public Relations Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Indayani, L., & Sumartik. (2021). Manajemen Perubahan. Umsida Press. 1-287.
Jankowska, B. & Götz, M. (2017). Clusters and Industry 4.0 - do they fit together?. Journal of European Planning Studies, 25(9), 1633– 1653.
Kaplan, A. & HaenLein, M. (2010). User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizon.
Khan, G. F. (2017). Social Media for Government: A Practical Guide to Understanding, Implementing, and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. (Springerbriefs in Political Science) (1st ed. 2017 ed.). Springer.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). United States of America: Pearson.
Kulvisaechana, Somboon. (2001). The Role of Communication Strategies in Change Management Process: A Case Study of Consignia Brand and Business Status Introduction: Cambridge. Journal of Communication Spectrum, 3(1).
Kusdi. (2009). Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Maharseni, N. W. R., Rasmini, N. K., Ariyanto, D. & Mimba, N. P. S. H. (2022). Technology Acceptance Model dalam Penggunaan Financial Technology Lending Pada Generasi Milenial. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 11, No. 05, 1000-1013.
Morisson, M. A. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy. (2011). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.
Muzairi, H. (2002). Eksistensialisme Jean Paul Sartre: Sumur Tanpa Dasar Kebebasan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori & Riset Media Cyber. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatan Media.
Onggo, B. J. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Effendy, O. U. (1993). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Phillips, D. & Young, P. (2009). Online Public Relations: A Practical Guide to Developing an Online Strategy in the World of Social Media (PR in Practice) (Second ed.). Kogan Page.
Prasetyo, M. A. M. & Salabi, A. S. (2021). Model Evaluasi dan Instrumen Program Pendidikan Pelatihan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idarah: Pendidikan dan Kependidikan. Vol. 5(1), 101-117.
Putra, R. S. & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Global Komunika: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta. Vol. 3(2), 1-13.
Rusadi, S. & Wedayanti, M. D. (2019). Strategi City Branding Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dalam Peningkatan Daya Tarik Pariwisata. Universitas Islam Riau. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 5(2), 18–21.
Sari, P. M. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. Jurnal JOM FISIP.
Setiadi, E. F., Azmi, A. & Indrawadi, J. (2019). YouTube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education. Vol. 2, No. 4.
Smith, R. D. (2017). Strategic Planning for Public Relations (5th ed). New York: Routledge.
Sukma, B. & Rivaldo. (2022). Pengaruh Tagline Terhadap Brand Awareness Pada Software Invoice Paper.Id. Jurnal Pustaka Komunikasi. Vol 5(1), 15-24.
Susilo, A. & Sari, E. (2020). Implementasi Program Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau. Vol. 8, No. 1.
Syafaat, M. & Wahyudin, D. (2020). Analisis Implementasi Public Relations Pada Konten Instagram @alaminuniversal. Jurnal Pustaka Komunikasi. Vol. 3, No.1.
Utami, S. S. & Xiang, C. F. (2020). Aktivitas Komunikasi Organisasi Sebagai Upaya Keberhasilan Implementasi Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19. Koneksi. Vol. 6(2), 226-235.
Widjajanto, Kenmada. (2013). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: CV Ultimus.
Channel YouTube Kereta Api Kita. Diakses pada 27 Januari 2023 pukul 10.57 WIB dari https://www.youtube.com/@keretaapikita
Profil Perusahaan PT. KAI (Persero) 2022. Diakses pada tanggal 21 Juli 2023 pukul 20.00 WIB dari https://www.kai.id/
Kontributor. (2020). Konten Video Lebih Diminati Masyarakat. Diakses pada 12 Juni 2023 dari https://kpi.ipmafa.ac.id/2020/03/konten-video-lebih-diminati-masyarakat.html
Sarnita, Sadya. (2023). Daftar Negara Pengguna YouTube Terbesar Awal 2023, Ada Indonesia. Diakses pada 12 Juni 2023 dari https://dataindonesia.id/internet/detail/daftar-negara-pengguna-youtube-terbesar-awal-2023-ada-indonesia



