Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam Membentuk Citra Lembaga

Authors

  • Jajang Rosadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.29768

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat merupakan lembaga yang ditugaskan oleh negara untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah di tingkat Provinsi   Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Humas Baznas Jawa Barat dalam membentuk citra lembaga. Teori yang digunakan yaitu konsep manajemen strategi David Freed dan proses pembentukan citra Jhon S. Niempono. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dimana data didapatkan dari hasil observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam Membentuk Citra Lembaga dilakukan dengan tahapan: (1) Perumusan strategi, yang mencakup pada perencanaan strategis, analisis situasi, segmentasi publik sasaran dan operasional dalam membentuk citra, (2) Pelaksanaan strategi, yang merupakan program-program utama dalam membentuk citra dan tahap (3) Evaluasi strategi, yang merupakan tahap akhir dalam membentuk citra lembaga.

Kata Kunci : Strategi; Humas; Citra Lembaga.

The National Amil Zakat Agency (Baznas) West Java is an institution assigned by the state to collect and distribute zakat, infak, and alms at the West Java Province level, This study aims to find out how the strategy carried out by West Java Baznas Public Relations in shaping the image of the institution. The theory used is David Freed's strategy management concept and the image formation process of Jhon S. Niempono. This study used descriptive qualitative method where data was obtained from observations and in-depth interviews. The results showed that the Public Relations Strategy of the National Amil Zakat Agency (Baznas) West Java in Shaping the Image of the Institution was carried out in stages: (1) Strategy formulation, which included strategic planning, situation analysis, target and operational public segmentation in forming an image, (2) Strategy implementation, which are the main programs in shaping the image and the stage (3) Strategy evaluation, which is the final stage in shaping the image of the institution.

Keywords: Strategy; Public Relations; Image of the institution.

References

Andipate, A. A. (2020). Paradigma Baru Public Relations: Teori, Strategi & Riset. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ardianto, E. (2009). Public Relations Praktis. Bandung: Widya Pajajaran.

___________(2016). Handbook Of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Firmanzah. (2007). Marketing Politik . Jakarta: Yayasan Obor.

Jefkins, F., & Yadin, D. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Lestari, M. T. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi, dan Mutual Understanding. Jakarta : Kencana.

Ruslan, R. (1999). Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisi dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia .

________(2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada .

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama .

Setiadi , R., Nurzaman, F., & Yanuarty, R. (2021). Komunikasi Bisnis dan Public Relation. Serang: CV.AA.Rizky.

Soemirat , S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-Dasar Pulic Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryanto. (2013 ). Membangun Citra Perusahaan dengan Metode Public Relations . Bandung : CV. Atmiko.

Sutojo, S., & Kleinteubeur, K. (2002). Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Damar Mulia Pustaka .

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Ofsite.

Wahjono, S. I. (2010). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumber Jurnal

Evriyana, A., & Indriyani, H. (2021). Strategi PR Indonesia dalam Membangun Corporate Reputation melelaui Event Jambore PR Indonesia (JAMPIRO). Kinesik, 110-127.

Frimayasa, A., & Kamal, F. (2017). Penerapan Pelayanan Prima untuk Memenuhi Harapan Masyarakat terhadap Layanan Publik pada Kelurahan Makasar Jakarta Timur. Cakrawala, 179-188.

Lestari , F., & Yuningsih, A. (2020). Strategi Penanganan Keluhan di Rumah Sakit. Hubungan Masyarakat, 211-215.

Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Sains Manajemen, 8-17.

Meiranti, & Irwansyah. (2008). Kajian Humas Digital: Transformasi Dan Kontribusi Industri 4.0 Strategi Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, 27-36.

Rusniati, & Haq, A. (2014). Perencanaan Strategis dalam Perspektif Organisasi. Intekna, 102-209.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Rosadi, J., & Anugrah, D. (2025). Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam Membentuk Citra Lembaga. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(3), 335–360. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.29768

Citation Check

Most read articles by the same author(s)