Pengelolaan Digital Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image @sma1bantarujeg


Rifky Wildan Herdiansyah(1*), Dadan Anugrah(2), Abdul Aziz Ma’arif(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to find out how digital PR is managed on Instagram @dishut_jabar through the concept of The Circullar Model of Some for Social Communication from Regina Luttrell. This study used a qualitative descriptive method with collection techniques through in-depth interviews, observation, and documentation studies. The research results obtained are; 1) the stage of sharing: conducting observations and surveying data for processing; 2) optimizing stage: conducting media screening and improving the quality of work; 3) managing stage: conducting media monitoring for information management through the insight feature on Instagram, then providing quick responses to the public; 4) the engage stage: holding joint activities with the public and involving influencers who have public influence.

Full Text:

PDF

References


Andhita, S. A. (2017). Dasar-dasar public relations: Teori dan praktik. Deepublish.

Abdurahman, O. (2001). Dasar-dasar public relations. Citra Aditja Bakti.

Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen komunikasi: Filosofi, konsep, dan aplikasi. CV Pustaka Setia.

Alam, S. (2020). Peran influencer sebagai komunikasi persuasif untuk pencegahan COVID-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136-148.

Ardianto, E. (2013). Handbook of public relations. Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2002). Sebuah perspektif baru humas. Journal MediaTor Public Relations on the Net, 2(1).

Asih, M., & Abidin. (2020). Pengelolaan digital PR dalam mengemas konten dakwah di Instagram @masjidtrans. Jurnal Riset Komunikasi: Universitas Islam Negeri Bandung, 3(1).

Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Media Kita.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2016). Effective public relations. Kencana.

Habibi, M. R., et al. (2020). Peran publik relations officer dalam menangani keluhan pelanggan Baso Aci Ganteng. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat.

Hanif, A. N. (2021). Pengelolaan digital public relations Dispora Kota Bandung dalam menyampaikan informasi melalui Instagram @Dispora_Bdg [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Hanifa, N. (2020). Pengelolaan digital public relations melalui media internal kontak PT Kereta Api Indonesia [Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Kriyantono, R. (2014). Teori-teori public relations: Perspektif barat dan lokal. Kencana.

Laksamana, A. (2018). Public relations: In the age of disruption. Mizan Media Utama.

Luttrell, R. (2015). Social media: How to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield.

Luttrell, R. (2019). Social media: How to engage, share, and connect (3rd ed.). Rowman & Littlefield.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi pemasaran modern. Cakra Ilmu.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Z. L. W. (2015). Manajemen public relations. CV Pustaka Setia.

Nasrullah, R. (2017). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Ningtyas, T. (2018). Kepercayaan masyarakat (citizen trust) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) II Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 2(1).

Nurjanah, & Nurnisya. (2016). Pemanfaatan digital public relations (PR) dalam sosialisasi tagline "Jogja Istimewa" humas Pemerintah Kota Yogyakarta. Jurnal Aristo, 4(1).

Onggo, B. J. (2004). Cyber public relations. PT Elex Media Komputindo.

Pratama, M. F. (2020). Pengelolaan media sosial Instagram oleh humas sebagai media informasi publik pada Pemprov Riau [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2).

Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Aktivitas digital public relations dalam akun Instagram @ortuseight. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 10(1), 69-83.

Rusdianto, U. (2014). Cyber CSR: A guide to CSR communications on cyber media. Graha Ilmu.

Salbino, S. (2014). Buku pintar gadget Android untuk pemula. Kunci Komunikasi.

Satyadewi, A. J., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2017). Pemilihan akun media sosial Instagram oleh Holiday INN Bandung. Jurnal The Messenger, 9(2).

Suryadi. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi terhadap tugas humas. Buletin LAPAN, 4(1). Diakses pada 13 Oktober 2021, dari https://majalah.lapan.go.id

Syafaat, M., & Wahyudin, D. (2020). Analisis implementasi digital public relations pada konten Instagram @alaminuniversal. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 1-12.

Syahirah, S. (2021). Pengelolaan media relations humas Pemkab Bandung melalui program Ngawangkong dalam upaya menjaga citra [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Syahputra, I. (2019). Media relations: Teori, strategi dan intelijen. PT Rajagrafindo Persada.

Taniarza, R., Suherdiana, D., & Herman. (2018). Pengelolaan informasi melalui website Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(1).

Umam, K. (2012). Manajemen organisasi. CV Pustaka Setia.

Wibawa, D. (2020). Hukum dan etika humas: Membina hubungan baik dengan wartawan. Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v8i1.29852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.