Pengelolaan Instagram @pemkabbekasi Dalam Penyebaran Informasi Publik


Ratna Anggraeni(1*), Dindin Solahudin(2), Abdul Aziz Ma’arif(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe the management of Instagram @pemkabbekasi in disseminating public information through the concept of The Circular Model of SoMe proposed by Regina Luttrell. The method used in this research is descriptive method with data collection techniques in the form of in-depth interviews, observation, and documentation. The results showed that the Instagram management carried out by @pemkabbekasi was divided into several stages. First, determining social media and interacting with the public in order to gain public trust. Second, filtering issues that develop in the community and collaborating with related agencies to produce accurate information and then the information obtained is packaged into interesting content. Third, media monitoring as an evaluation of the activities and interactions that occur through Instagram. Fourth, utilizing hashtags and reels and collaborating with talent.

Full Text:

PDF

References


Abidim Yusuf Zaenal. (2015). Manajemen Komunikasi: filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Media.

Achmed, Hafizh, Setianti Yanti. (2019). Pengelolaan instagram @Humas_Sumedang sebagai media komunikasi dan media informasi oleh Humas Sekretariat Daerah Sumedang. Jurnal Komunikasi Universitas Garut.

Afifah Laila, Muhlis Atjep, and Fatoni Uwes. (2020). Strategi Dakwah Santri Dalam Menghadapi Berita Hoax Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 05(02).

Apriliyani E.I, Hafiar Hanny, and Budiana H.R. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Chocodot_Catalogue Oleh PT Tama Cokelat Indonesia. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi 8(01).

Ardianto, E. (2014). Handbook of Public Relations Pengantar Komprehensif. PT. Refika Adiatama.

Citra, A.R. (2021). Pengelolaan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Citra Lembaga (Studi Deskriptif Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi). (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Cutlip., Center, M,S., & Broom. (2009). Effective Public Relations (9th ed). Jakarta: Prenada Media Group.

Dailey, Patrick, R. (2009) Social Media: Finding Its Way Into Your Business Strategy and Culture. Burlington: Lingakage.

Hastrida, Andhini (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat dan Risiko. Pascasarjana Ilmu Komunikasi, FISIP. Universitas Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 25(02).

Idris, Hariany. (2020). Transparansi Informasi Meningkatkan Level Kepercayaan Terhadap Laporan Kinerja Pemerintah. BIJC: Bata Ilyas Journal of Communication.

Indrawan, Mas Raden. (2017). Dampak Komunikasi Politik dan Opini Publik Terhadap Perilaku Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 16(02).

Jefkins, F & Yadin D. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Erlangga.

Karnilah, Siti. (2015). Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbitan Ut.

Luttrell, Regina. (2015). Social Media: How To Engage, Share, And Connect. The Rowman & Littlefield Publishing Group.

Lister, M., et al. (2009). New Media: A Critical Introduction, Second Edition. New York: Routledge.

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Mahmudah, Rahayu (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara 2(1).

Malik Reihan, Kusumadinata A.A, and Hasbiyah Desi. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. Jurnal Karimah Tauhid 2(1).

Mubarok, Muhammad Fahmil. (2023). Kegiatan Cyber Public Relations Yayasan Daarut Tauhiid pada Media Sosial Instagram.

Mukarom Z & Laksana W.M. (2015). Manajemen Public Relations. CV Pustaka Setia.

Mulyana, Deddy. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasyroh, Fitri Alam. (2020). Strategi Pengelolaan Instagram @infoponorogo Sebagai Media Informasi Tentang Kabupaten Ponorogo. (Skripsi). Fakultas Ushulludin Adab dan Dakwah, IAIN Ponorogo.

Ningtyas, Trimurti. (2020). Kepercayaan Masyarakat (Citizen Trust) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) II Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial 2(1).

Obembe D. (2023). Komunikasi Krisis Sebagai Strategi Public Relations Era Pandemi.

Pratidina N.D, dan Mitha Jane. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature

Pusvita, Vita, Widyawan, dan Mardhani. (2017) Jenis Partisipasi Masyarakat dalam Government 2.0 Studi Kasus Halaman Facebook Ridwan Kamil. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Rudyanto. (2018). Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial dan Keterkaitan 11(2).

Safri, T. Mulkan, Fajarni, Suci. (2022). Sunan Kalijaga Jogja Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sarasati, Dewi. (2022). Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @pupukujang Sebagai Media Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek. Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(4).

Sholehah A.Z, Susanto C.Z, dkk. (2023). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Karimah Tauhid.

Soewito, Haninun, dkk. (2023). Strategi Meningkatkan Kepercayaan Publik di Indonesia: Peran Good Governance dan E-Government. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 14(1).

Umar, H. (2001). Riset SDM Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Utama.




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v7i4.25724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.