Terapi Mind Healing Technique Metode Jarak Jauh untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Hidayatul Fikra Arza, Muhtar Gojali, Naan Naan

Abstract


Setiap wanita mengalami menstruasi saat menginjak usia remaja sebagai tanda memasuki masa pubertas dan akan berakhir saat memasuki masa menopause. Selama menstruasi tersebut, wanita mengalami banyak kejadian yang dapat mempengaruhi aktivitas hariannya, salah satunya dengan adanya gangguan dismenorea. Kejadian dismenorea atau yang biasa dikenal dengan nyeri menstruasi bagi sebagian besar wanita memberi gangguan berupa kram perut, sakit pinggang dan mood yang tidak stabil sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Salah satu penanganan yang dapat diberikan adalah terapi Mind Healing Technique metode jarak jauh. Terapi Mind Healing Technique merupakan alternatif dalam penyembuhan fisik maupun psikis yang menggunakan prinsip berpikir positif dalam pelaksanaannya. Penggunaan metode jarak jauh dalam terapi ini dinilai menarik untuk diteliti karena dapat efektif digunakan pada klien yang berada di lokasi cukup jauh dari terapis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari terapi Mind Healing Technique metode jarak jauh dalam menangani permasalahan nyeri menstruasi pada 5 orang siswi MAN 2 Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang mana sumber data berasal dari hasil observasi dan wawancara serta literatur lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terapi Mind Healing Technique berperan dalam penurunan skala nyeri menstruasi dan memperbaiki mood pada subjek penelitian sehingga dapat melaksanakan aktivitas seperti biasanya. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil terapi yaitu konsentrasi, suasana lingkungan, sugesti positif serta tingkat spiritualitas pada terapis dan subjek penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terapi Mind Healing Technique metode jarak jauh ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam membantu menangani permasalahan nyeri menstruasi.

Keywords


terapi Mind Healing Technique; metode jarak jauh; pikiran; nyeri menstruasi (dismenorea)

Full Text:

PDF

References


Afifah,S. (2019). Self Healing Melalui Mind Healing Technique untuk Mengatasi Stres. Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ahmad Fajar,D. (2014). Psikoterapi Religius (3rd ed.). Darr al-Dzikr Press.

Al-sambasy,A.J. (2018). Workshop Mind Healing Technique of Indonesia.

Al-sambasy,A.J. (2019). Mind Healing Technique of Indonesia.

Al-sambasy, A. J. (2020). Teori-Teori Mind Healing Technique.

Atkinson,W. (2020). The Science of Psychic Healing (Z. Ishak (ed.); 1st ed.). Bright.

Bakran Adz-Zaky,M.H. (2001). Psikoterapi dan Konseling Islam (A. Norma & Permata (eds.); 1st ed.). Fajar Pustaka Baru.

Fajri,W. (2013). Pilihan Kata Bisa Mengubah Fungsi Otak. Kompas.Com. https://amp.kompas.com/sains/ead/2013/12/05/1632286/Pilihan Kata Bisa Mengubah Fungsi Otak

Fudiah R. (2012). Gambaran Pengetahuan tentang Dismenorea dan Obat Pereda Dismenorea serta Persepsi mengenai Penggunaan Obat Pereda Dismenorea pada Siswi SMK Arkanis Bulukumba. Universitas Hasanudin.

Idhamkholid, (2018). Metode Terapi Penyembuhan Dengan Sugesti. Prophetic, 1(1).

Inayat Khan,H. (2000). Dimensi Spiritual Psikologi (A. Haryadi (ed.)). Pustaka Hidayah.

Inayat Khan,H. (2002). The Heart of Sufism (Tim Muthahhari Press (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Ismalia,N. (2017). Hubungan Gaya Hidup dengan Dismenore Primer pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2015. In Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Universitas Bandar Lampung.

Khairunnisa, & Nora,M. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Nyeri Haid (Dismenorea) pada Santriwati Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin.

Khoerunisya,D. (2015). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Rasa Nyeri Haid ( Dismenore ) Pada Remaja. Universitas Negeri Semarang.

Khoiriati,R. (2016). Hubungan Antara Faktor Sosiodemografi Dan Sikap Dalam Menghadapi Kejadian Dismenorea Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 1 Suboh Situbondo. In Program Studi Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Uiniversitas Airlangga Surabaya.

Larasati,T., & Alatas,F. (2016). Dismenore Primer dan Faktor Risiko Dismenore Primer pada Remaja. Majority, 5(3).

Lekas. (2012). Sehat dengan Olah Nafas (Mukhlis (ed.)). Simbiosa Rekatama Media.

Luh Komang Sri Ayunia, N., Rochdiat Murdhiono, W., & Damayanti, S. (2019). Meditasi dengan Suara Alam Dapat Menurunkan Stres pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2).

MHT Center. (2019). MHT Center. PT. Chaya Guna Semesta. mhtcenter.com

Mulyono (2016). Terapi Holistik bagi Penyembuhan Penyakit (Studi Analisis di Paguyuban Tri Tunggal Semarang). Jurnal The Shine Cahaya Dunia, 1(2).

Rahayuingrum,D.C. (2016). Perbedaan Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Kompres Hangat Dalam Menurunkan Dismenore Pada Remaja SMA Negeri 3 Padang. Jurnal Medika Saintika, 7(2), 187. https://doi.org/10.25077/njk.8.2.187-195.2012

Rahmawati,A.P., & Setiawan,C. (2020). Nilai sufistik dalam prosedur self healing. Syifa Al-Qulub : Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 105.

Rahmawati,T. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dismenorea Mahasiswi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang terhadap Sikap Mengatasi Dismenorea Primer. Universitas islam Negeri Walisongo.

Sahmiatik,E. (2020). Peran Pikiran dalam membangun Kesehatan Mental (Studi Kasus terhadap Kegiatan pelatihan Mind Healing Technique Angkatan ke-13 di Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Setiani,A.C. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 2 Karangcegak, Kabupaten Purbalingga. In Pendidikan.

Sinaga,E., Saribanon, N., Suprihatin, Sa’adah, N., Salamah, U., Andani Murti, Y., Trisnamiati, A., & Lorita, S. (2017). Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional.

Umar,N. (2007). Teologi Menstruasi: Antara Mitologi dan Kitab Suci. Jurnal Musawa, 5(1). Zainuddin,A.J. (2014). Pengaruh Terapi Musik Religi Terhadap Penurunan Derajat Nyeri Menstruasi Pada Siswi MAN 2 Model Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin.




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v6i1.12217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License

Syifa al Qulub is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Prodi Tasawuf Psikoterapi
Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 852-0685-1568
E-mail: syifaalqulub@uinsgd.ac.id