Tahlīl Al-Akhthā Al-Lughawiyyah fī Al-Muhādatsah Al-Yaumiyyah bi Ma’had Tahfīdz Al-Qurān Dār Al-‘Ulūm Lido


Siti Khumairotuzzahra(1*), Ishaq Anugrah Mulyadi(2)

(1) Qatar University, Qatar
(2) Gate Language Assistant, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesalahan kebahasaan dalam percakapan sehari-hari di Lembaga Penghafal Al-Qur’an Dar Al Ulum Lido, penyebabnya, sumber dan evaluasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan input penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini ada empat metode pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari menganalisis kesalahan kebahasaan dalam percakapan sehari-hari di Lembaga Penghafal Al-Qur'an Dar Al Ulum Lido, sebagai berikut: Sebagian besar siswa memiliki kesalahan umum dalam penggunaan kata-kata Arab, dialog saat kenalan, percakapan sehari-hari, ceramah. , dan memberikan instruksi. Adapun penyebab kesalahan kebahasaan dan sumbernya dipengaruhi oleh bahasa yang pertama kali dikuasainya, atau sebagian besar siswa menerjemahkan bahasa Arab sesuai kaidah bahasa Indonesia, rendahnya kesadaran siswa terhadap kesalahan kebahasaan, rendahnya pemahaman siswa terhadap penggunaan bahasa Arab, dan pengajaran guru bahasa Arab buruk.

<w:LsdException Locked="f

Full Text:

PDF

References


Amrulloh, M. A., & Hasanah, H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 209–228.

Darwis, M. (2021). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Buton. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 18(1), 121–139.

Dubois, M. A., Ilyas, M., & Wagner, H. (1986). Cussonosides A and B, two triterpene-saponins from Cussonia barteri. Planta Medica, 52(02), 80–83.

Hasyim, M. (2019). تطوير مادة مهارة الكلام على أساس الثقافة المحلية الإسلامية. ISLAMIKA, 1(1), 78–96.

Iskandarwassid, D. S. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, S., & Purwono, H. (2018). Analisis Kebahasaan: Panduan Praktik Analisis Tindak Tutur untuk Pembelajaraan Pengayaan. Sukoharjo: CV Sindunata.

Lubis, M. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab dalam Pembelajaran Hukum Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 334–339.

Marlina, L. (2019). Pengantar ilmu ashwat. Fajar Media.

Marlina, L., & Khumairotuzzahra, S. (2021a). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Al-Muhadatsah Al-Yaumiyah berbasis CEFR melalui Online Learning. Al-Lughah, 10.

Marlina, L., & Khumairotuzzahra, S. (2021b). تحليل الاحتياجات للمواد الدراسية المحادثة اليومية باستخدام الإطار المرجعي الأوروبي المشترك للغة من خلال التعليم عبر الإنترنيت. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 10(1), 32–46.

Metode, Penerapan, Keterampilan, M., & Siswa, B. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. 1(1).

Metode, Pengaruh, Terhadap, S., Luh, N., Evytasari, P., Garminah, N. N., Arcana, I. N., & Pgsd, J. (2014). Berbicara Siswa Kelas V Gugus Xii Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Mughni, S. (2005). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab. Al Qalam, 22(3), 476–512.

Norah Saad Sultan Al-Qahtani. (2020). Obstacles to applying qualitative research in the educational field at King Saud University. Edusohag, 10. https://doi.org/10.12816/EDUSOHAG

Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 10–21.

Richards, J. C. (1980). Second language acquisition: Error analysis. Annual Review of Applied Linguistics, 1, 91–107.

Setiadi, F. M. (2015). تعليم مهارة الكلام لغير الناطقين بالعربية (نظريا وتطبيقيا. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2).

Sholihin, M. N. (2020). Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan). SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 110–127.

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Duta Wacana University Press.

Thohir, M., & Imannisya, J. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Arab pada percakapan sehari hari di Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan. EL-IBTIKAR-Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 168–182.

أ حمد سليم خصاونة, ن. (2012). فاعلية استخدام مدخل الرسم اليدوي في تنمية مهارات الکتابة لدى تلميذات المرحلة الابتدائية. مجلة بحوث التربية النوعية, 2012(25), 153–178.

الجنابي, أ. د. ح. ع. ع. ا., & المفرجي, س. ع. ج. م. (2021). دور النضج الروحي لمقدم الخدمة في الحد من السلوك السلبي للزبون: دراسة تطبيقية في فنادق العتبة الحسينية المقدسة. مجله اقتصاديات الاعمال للبحوث التطبيقيه, خاص-ج1.

جاسم, د. ع. (n.d.). عالمية اللغة العربية وهيمنتها على اللغات الأخرى-قراءة ناقدة في تقسيم اللغات.




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.