Istikhdām Wasīlah Al-Fīdyu Al-Kartūnī Fī Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Tarqiyati Mahārah Al-Istimā’ Wa Al-Kalām


Dedih Wahyudin(1), Hildan Misbahul Munir(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) SMP Islam Terpadu Al Mustafad, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak dan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video kartun, dan untuk mengetahui dampak penggunaan media video kartun dalam pengajaran bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara di kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Jaisyul Quran Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak sebelum menggunakan media video kartun untuk siswa kelas sepuluh A ditunjukkan dengan nilai rata-rata 71 dan kemampuan berbicara sebelum menggunakan media video kartun untuk siswa kelas sepuluh A ditunjukkan dengan nilai rata-rata 71. Adapun keterampilan menyimak setelah menggunakan media video kartun dalam pembelajaran bahasa Arab kepada siswa kelas sepuluh A, nilai rata-ratanya adalah 87 dan kemampuan berbicara setelah menggunakan media video kartun dalam mengajar bahasa Arab kepada siswa kelas sepuluh A ditunjukkan dengan nilai rata-rata 87. Penggunaan media video kartun dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan dalam keterampilan menyimak. kelas eksperimen dengan nilai 0,58 menunjukkan nilai 58% yaitu cukup. Dan penggunaan media video kartun dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan dengan kemampuan siswa dalam ketrampilan berbicara. Tentang kelas eksperimen dengan nilai 0,48 yang menunjukkan nilai 48% yaitu cukup.


Full Text:

PDF

References


Abna, N., & Nawawi, N. (2018). The Effectiveness of Audiovisual Media in Learning Arabic Language (Qualitative Research of Arabic Literature Students, Faculty of Letters and Arabic Language Education, Faculty of Religion, UMI). Tamaddun, 17(2), 40–45. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v17i2.12

Aburezeq, I. M. (2020). Using Participatory Video as an Instructional Tool to Develop Arabic Speaking Skills: Its Impact and Attitudes towards it. Journal of Educational and Psychological Studies [JEPS], 14(2), 307–325. https://doi.org/10.53543/jeps.vol14iss2pp307-325

Anisa, A., Hermawan, A., Rifai, I., & Roostaei, Z. (2022). Tathbīq Al Fīdiyū Al Ta’līmī Bi Uslūb SYIW (Sharing To Youtube, Instagram, And Whatsapp) Fi Ta’līm Al Mufrādāt Li Tarqiyah Istī’āb Al Talāmīdz ‘Ala Ma’nāhā. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 255–270. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20608

Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Hermawan, A. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 35–50. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3942

Badiah, N., & Anwar, N. (2021). Application of the Brainstorming Method to Increase Maharoh Al Kalam in Class XI Science Students at MA Al Karimi. Academia Open, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2080

Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754

Dariyadi, M. W. (2019). Istihdamu Barnâmiji “Sparkol Videoscribe” Lilwasâili Atta’lîmiyyahi Lillughati Al Arabiyyati. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 3(1), 1–18.

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Jurnal Ihtimam, 1(1), 199–218. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.162

Fridayanti, A. A. (2021). Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12950

Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 100–114. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2), 140–155.

Huang, Y.-H., & Chuang, T.-Y. (2016). Technology-Assisted Sheltered Instruction: Instructional Streaming Video In An EFL Multi-Purpose Computer Course. Computer Assisted Language Learning, 29(3), 618–637. https://doi.org/10.1080/09588221.2014.1000933

Jariyah, A., & Asrori, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring dan Luring bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1159–1172. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1159-1172

Maita, I., Zarnelly, Z., & Adawiyah, A. (2018). Pembelajaran Interatif Bahasa Arab Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 123. https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i2.6227

Muradi, A. (2021). Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab dalam Perspektif Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Maqayis, 5(1), 72. https://doi.org/10.18592/jams.v1i2.105

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Muthmainnah, M., & Annas, A. (2020). Pemanfaatan “Vlog” Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Maharah Kalam bagi Mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123–138. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8073

Nashrullah, M., Halim, N., & Al Fanani, R. G. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Dalam Kitab Al-‘Arabiyyah Lin Nasyiin. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), 189–198. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.76

Novita, A., & Munawir, M. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1378–1386. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1947

Oktavia, A. D., & Jupri, A. R. (2022). Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 846–852. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664

Rahmasari, H. (2021). Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23–41. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362

Razzaqi, E. M. M., Rufaidah, M. F., & Priyoyudanto, F. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah Jakarta Timur. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(3), 209–214. https://doi.org/10.36722/sh.v7i3.1606

Rini, R., & Yasmar, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Istima’ wa Takallum Melalui Media Film. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 155–187. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1384

Rohman, H., & Rosyadi, F. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 163–183. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.072-01

Sumantri, M. S., Iyasha, V., & Irmawanti. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kartun Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa MI. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11–17. https://doi.org/10.21009/perduli.v1i01.17349

Wahdi, R., & Fakhrin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1), 52–69. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3213




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.