Istikhdām Tarīqah Al-Qawā’id Wa Al-Tarjamah Bi Mu’jam Al-Lughah Al-‘Arabiyyah ‘Alā Asās Mobile Fī Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Tarqiyah Mahārah Al-Qirāah


Asep Supianudin(1*), A. Fathur Rohman(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) MAN 4 Tasikmalaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini didasari oleh problematika bahwa mayoritas siswa tidak dapat memahami makna kosakata dengan baik saat guru memberikan latihan soal melalui pemahaman teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile, mengetahui keterampilan membaca siswa sesudah menggunakan metode tersebut, serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level rendah sekali, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 48,62. 2) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level sangat baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 82,46. 3) Penggunaan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus bahasa Arab berbasis mobile terdapat peningkatan yang sedang dan positif dalam keterampilan membaca siswa sebesar 0,6550 atau 65,50%, artinya penggunaan metode ini dapat meningkatkan keterampilan membaca

Full Text:

PDF

References


Amila Sholiha, R Umi Baroroh, & Razita Binti Abdullah. (2023). Innovation in Reading Skills Assessment in Arabic Textbooks Based on HOTS Assessment. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 6(2), 231–242. https://doi.org/10.22219/jiz.v6i2.27151

Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. LISANUDHAD, 6(2), 86–110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Azzahroh, A. L., & Ahsanuddin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas X IIS di SMA Babul Khairat. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(7), 1005–1019. https://doi.org/10.17977/um064v2i72022p1005-1019

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21–39. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/335

Ghani, S. Ab., Ahmad, S. Z., Hashim, U. H., Shaadon, Z., & Mustapa, N. S. (2012). Application of basic Skills in Reading Arabic Text for Teaching and Learning Maharat Al-Qiraah. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(1), 26–32. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.241

Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif – Intraktif. Alfabeta.

Hidayat, A., & Rahmah, S. N. (2020). Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575

Husein, S. Y., Munawaroh, R. J., & Firmansyah, F. (2022). Pembelajaran Kolaboratif untuk Pengajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Kalimātunā: Journal of Arabic Research, 1(1), 65–80. https://doi.org/10.15408/kjar.v1i1.25301

Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Revolusi 4.0. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.289

Kosim, N., & Fitriyyah, Z. (2020). Itqānu Al-Thulāb Li Tahlīl Al-Alfādz Nahwiyān Wa Sharfiyān Fī Darsi Al-Tarkīb Wa ‘Alāqatuhu Biqudratihim ‘Alā Qirāah Al-Nushūsh Al-‘Arabiyyah. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 196–211. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8171

Kusnadi, K. (2019). Metode Gramatika Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i1.66

M. Asy’ari, M. A. (2020). Method of Nahwu in Arabic Learning. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 70–92. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7807

Muanah, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Aspek Qiroah Melalui Metode Jigsaw di Kelas IX C MTs Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Uktub: Journal of Arabic Studies, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.32678/uktub.v1i2.5815

Muna, W., Hamzah, H., Aminudin, A., Mahyaddin, F., & Zulaeha, Z. (2022). Tashawwurāt Al Thalabah ‘An Ta’līm Al Qawā’id Al ‘Arabiyyah Wa Ta’allumihā Al Qāim ‘Alā Al Kharāith Al Dzihniyyah Ba’da Jāihah Covid-19. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 223–238. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20264

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Permana, I., Rohanda, R., & Ruhendi, A. (2023). Ansyithah Al-Thalabah fī Istī’āb Al-Mufradāt wa Al-Muhādlarah wa ‘Alāqatuhā Biqudratihim ‘Alā Al-Muhādatsah Al-‘Arabiyyah. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24402

Ridlo, U. (2015). Model Pembelajaran Bahasa Arab Materi al-Qawa’id al-Nahwiyyah. Al-Ma’rifah, 12(02), 46–57. https://doi.org/10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.05

Sanah, S., Ghazali, D. A., & Hafair, A. (2020). Istikhdām Namūdzaj Al-Ta’līm ‘Alā Asās Hilli Al-Musykilāt Fī Ta’līm Al-Nahw Al-‘Arabī Li Tarqiyah Natījah Ta’līm Al-Thalabah Fīhi. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 87–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423

Setiawan, B., & Ni’mah, K. (2022). Tarqiyah Nataij Ta’allum Maharah al-Qiraah al-Lughah al-‘Arabiyyah bi Wasail Elektroniyah li Thullab al-Shaf al-Sabi’ fi al-Madrasah al-Mutawassithah al-Islamiyyah Muhamadiyyah 7 Tarkaharjo. Al-Fakkaar, 3(2), 68–90. https://doi.org/10.52166/alf.v3i2.3326

Tausiah, H., Rosita, E., Amanillah, S., & Sauri, S. (2019). Analysis Of Compiling Textbooks For Developing Reading Skills In Arabic Language. Jurnal Educational Technology: EDUTECH, 18(3), 340–347. https://doi.org/10.17509/e.v18i3.17501

Wijaya, M., & Hikmah, F. (2023). Problematika Pembelajaran Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 858–864. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4880

Zarkasyi, A. H., Gandhi, Z. I., & Tazali, R. M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Qawwaid Dan Tarjamah Pada Era Modern. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3451–3465. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3931




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v3i1.34137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.