Tahlīl Nahwy Fī Kitāb Ta’līm Al-Muta’allim Li Syaikh Burhanuddin Al-Zarnūjy


Muhammad Khoerul Umam(1*)

(1) STAI Riyadhul Jannah Subang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur tata bahasa dalam kitab " Ta’līm al-Muta'allim " karya Sheikh Burhan al-Din al-Zarnuji. Penelitian ini berfokus pada analisis sintaksis dan morfologis teks, mengungkapkan pola konstruksi kalimat dan penggunaan kata dalam konteks pendidikan dan pembelajaran Islam. Melalui pendekatan linguistik, penelitian ini menyelidiki bagaimana struktur bahasa Arab digunakan untuk menyampaikan konsep pendidikan dalam karya tersebut. Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi nuansa bahasa dan makna dalam teks, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kontribusi Sheikh al-Zarnuji dalam bidang pendidikan Islam dan linguistik Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam " Ta’līm al-Muta'allim ", struktur tata bahasa Arab yang digunakan secara konsisten dan teratur untuk menyampaikan prinsip-prinsip pendidikan dan pembelajaran. Analisis sintaksis dan morfologis mengungkapkan kekayaan bahasa yang digunakan Sheikh al-Zarnuji untuk mengkomunikasikan ide-ide kompleks dengan jelas dan efektif.Kebaruan penelitian ini terletak pada pendekatan linguistik yang digunakan untuk mengeksplorasi teks klasik Islam. Dengan menerapkan metodologi analisis kualitatif, studi ini membuka pintu bagi pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara bahasa Arab dan konsep-konsep pendidikan dalam konteks keagamaan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meluaskan cakupan analisis ke karya-karya lain dari tradisi pendidikan Islam serta untuk mempertimbangkan pengaruh dan relevansi konsep-konsep yang dijelaskan dalam "Ta’līm al-Muta'allim" dalam konteks pendidikan modern


Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187

Abdullah Sani, R., R. Manurung, S., Suswanto, H., & Sudiran, S. (2018). Penelitian Pendidikan. Tira Smart.

Akmalia, F., & Faizin, K. (2021). Recitation: An Alternative Method For Virtual Nahwu Learning. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1), 97–110. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12435

’Aliyah, E., & Amirudin, N. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karangan Imam Az-Zarnuji. Tamaddun, 21(2), 161–182. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.2113

Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 7(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Amrullah, I., & Imayah, I. (2019). Building Students’ Characters Through Character Education and Religiousity Values in Syair Kitab Ta’lim Muta’allim. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030106

Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibtidai dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.1329

Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. LISANUDHAD, 6(2), 86–110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Aziz, M. F., Jamilatussa’diyah, J., & Taufiqurrahman, W. (2021). Istikhdām Kitāb al Nushūs Li Ta’līm al-Qawa’id Wa Atsaruhu Fī Qudrati al-Thulāb ‘Alā Qirāati al-Nushūs al-‘Arabiyyah. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(2), 167–180. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.12715

Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2018). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 233-248. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.522

Dardiri, A., Thohir, M. A., & C, A. (2017). A Comparative Study on Sheikh Az-Zarnuji Thought And Idealism in The Philosophy of Education. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(2), 411–433. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.411-433

Darmawan, R. (2011). Analisis Diksi Dan Konstruksi Kalimat Dalam Terjemahan Syair Ta’lim Al-Muta’alim [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Farraj, K. K. (2015). Tahlil Al-Akhtha’inda Muta’allimi Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Al-Naathiqiina Bi Ghairiha. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 112–129. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1517

Herawati, E. (2020). Pendidikan Ibadah Akhlak Melalui Qiro’ah Kitab Turats Dengan Metode Klasik Dan I’rab. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 14(1), 59-77. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.312

Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395

M. Asy’ari, M. A. (2020). Method of Nahwu in Arabic Learning. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(1), 70–92. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7807

Masud, M. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Contextual Teaching and Learning Melalui Kitab Ta’lim Muta’alim Di Pondok Pesantren API Al Masykur Kab. Semarang. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 32–52. https://doi.org/10.58518/madinah.v6i1.1288

Mela, D. A., Hasanah, M., & Ramadhan, M. F. (2023). Reading Guide and Students’ Arabic Reading Ability. Kitaba, 1(2), 48–59. https://doi.org/10.18860/kitaba.v1i2.21277

Mualif, A. (2019). Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.60

Mufid, M., & Mansur Tamam, A. (2024). Islamic Education Theory Al-Zarnuji’s Perspective in The Book Ta’lim Al-Muta’allim. Interdiciplinary Journal and Hummanity (INJURITY), 3(1), 9–16. https://doi.org/10.58631/injurity.v3i1.158

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Prasetiadi, Y. S. (2020). Analisis Komparatif Jȃmi Ad-Durûs Al-‘Arabiyyah dan Mulakhkhash Qawȃ’id Al-Lughah Al-‘Arabiyyah: Analisis Komparatif. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 64–89. https://doi.org/10.52593/klm.01.1.04

Ramadhani, A. (2022). Tahliīl Tadarruj Al-Mawād An- Nahwiyyah Fī Kitābay Mulakhas Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Wa Jāmi’ Al-Durūs Al-‘Arabiyyah (Dirāsah Muqāranah). Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 73–98. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.800

Razaq, F. (2021). Anwāʽ al-Mafʽūl al-Muṭlaq fī Kitāb Taʽlīm al-Mutaʽallim li al-Zarnūjī. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik dan Sastra Arab), 5(2), 116–129. https://doi.org/10.15642/jilsa.2021.5.2.116-129

Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 145–162. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v3i1.773

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji. Dinamika Ilmu, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.4




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v3i1.34138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.