PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKATPADA MATERI KIMIA POLIMER
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1241Keywords:
buku suplemen, sains teknologi masyarakat, kimia polimer, deskriptifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen kimia berbasis sains teknologi mayarakat (STM) pada materi kimia polimer serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap buku tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu tahap perancangan, produk, dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Pada tahap persiapan dihasilkan indikator buku suplemen yang telah diintegrasikan dengan lima ranah STM untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan buku suplemen. Pada tahap produk dihasilkan buku suplemen yang telah divalidasi oleh 3 orang dosen. Tahap evaluasi buku suplemen diuji cobakan pada 3 orang guru kimia dan 41 orang siswa kelas XII MIA 4 SMAN 3 Karawang. Produk divalidasi dan direspon berdasarkan aspek kelayakan isi, sajian, bahasa, dan grafika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku suplemen yang dikembangkan memiliki karakteristik penyajian materi antara konsep dan aplikasi serta dampaknya disajikan secara seimbang dengan mengintegrasikan ranah sains teknologi masyarakat agar pembaca lebih peduli mengenai lingkungan tempat tinggalnya sehingga pembaca akan merasakan bahwa ilmu kimia berhubungan erat dengan kehidupannya sehari-hari. Hasil uji coba terbatas mendapatkan total skor respon guru sebesar 80,61% termasuk dalam kategori layak dengan predikat baik. Hasil respon siswa mendapatkan total skor sebesar 82,01% termasuk dalam kategori layak dengan predikat baik.Â
References
Binadja, Achmad, & Nuryanto. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 552-556.
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. 25-35.
Firman, H. (2000). Pendidikan Kimia. In F.-U. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III (pp. 221-241). Bandung: PT. Imtima.
Fitri, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Materi Koloid di MAN Kuto Baro Aceh Besar. CDA vol.1 No. 1, 41-47.
Hervici, Vany Fahreza. (2013). Pengembangan Modul Kimia Polimer Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik SMA/MA Kelas XII Semester 2. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Jannah, D. F., & Dwiningsih, K. (2013). Kelayakan Buku Ajar Kimia Berorientasi Quantum Learning pada Materi Kimia Unsur untuk kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 2, No. 2 ISSN 2252-9454, 163-170.
Kurniasari, D. A. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal 3 (2), 463.
Margono. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
MenLHK. (2016, Februari 09). siaran-31- menuju-penerapan-kebijakan-kantongplastik-berbayar.html. Dipetik Maret 19, 2016, dari www.menlhk.go.id: www.menlhk.go.id/siaran-31-menujupenerapan-kebijakan-kantong-plastikberbayar.html
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. (2008). Buku. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Najid, Annisah. (2015). Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Tangerang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Nugraheni, Dian. (2013). Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatam SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritsis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia, vol.2 no.3.
Nurlaelasari, Lela. (2015, Agustus 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara)/
Paembonan, Taya. (1990). Penerbitan dan Pengembangan Buku Pelajaran di Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007. (2007). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendiknas. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Poedjiadi, Anna. (2010). Sains Teknologi Lingkungan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Perbukuan. (2014). Instrumen Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Instrumen B1
Pusat Perbukuan. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks. Jakarta: Departemen Pendidian Nasional.
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riyanto, A. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Niai Kewirausahaan. SELOKA 2 (1).
Saefudin, E. (2015, Agustus 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Setiawan, Denny. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyanto, Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembanagn Modul IPA Terpadu Berbasis Sains teknologi Masyarakat dengan Tema Tekonologi Biogas. Jurnal Kependidikan, Volumr 42, Nomor 1, Halaman 54-60.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teti. (2015, Agustus 06). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).
Tirtaraharja, U. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ulfa, Anik, dkk. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Educatoin journal, 2.
Widodo, C. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Zul, Nurlita. (2015, Agustur 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).