PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKATPADA MATERI KIMIA POLIMER

Mira Rizki, Dedi Irwandi, Evi Sapinatul Bahriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen kimia berbasis sains teknologi mayarakat (STM) pada materi kimia polimer serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap buku tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu tahap perancangan, produk, dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Pada tahap persiapan dihasilkan indikator buku suplemen yang telah diintegrasikan dengan lima ranah STM untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan buku suplemen. Pada tahap produk dihasilkan buku suplemen yang telah divalidasi oleh 3 orang dosen. Tahap evaluasi buku suplemen diuji cobakan pada 3 orang guru kimia dan 41 orang siswa kelas XII MIA 4 SMAN 3 Karawang. Produk divalidasi dan direspon berdasarkan aspek kelayakan isi, sajian, bahasa, dan grafika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku suplemen yang dikembangkan memiliki karakteristik penyajian materi antara konsep dan aplikasi serta dampaknya disajikan secara seimbang dengan mengintegrasikan ranah sains teknologi masyarakat agar pembaca lebih peduli mengenai lingkungan tempat tinggalnya sehingga pembaca akan merasakan bahwa ilmu kimia berhubungan erat dengan kehidupannya sehari-hari. Hasil uji coba terbatas mendapatkan total skor respon guru sebesar 80,61% termasuk dalam kategori layak dengan predikat baik. Hasil respon siswa mendapatkan total skor sebesar 82,01% termasuk dalam kategori layak dengan predikat baik. 


Keywords


buku suplemen; sains teknologi masyarakat; kimia polimer; deskriptif

References


Binadja, Achmad, & Nuryanto. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 552-556.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. 25-35.

Firman, H. (2000). Pendidikan Kimia. In F.-U. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III (pp. 221-241). Bandung: PT. Imtima.

Fitri, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Materi Koloid di MAN Kuto Baro Aceh Besar. CDA vol.1 No. 1, 41-47.

Hervici, Vany Fahreza. (2013). Pengembangan Modul Kimia Polimer Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik SMA/MA Kelas XII Semester 2. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Jannah, D. F., & Dwiningsih, K. (2013). Kelayakan Buku Ajar Kimia Berorientasi Quantum Learning pada Materi Kimia Unsur untuk kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 2, No. 2 ISSN 2252-9454, 163-170.

Kurniasari, D. A. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal 3 (2), 463.

Margono. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

MenLHK. (2016, Februari 09). siaran-31- menuju-penerapan-kebijakan-kantongplastik-berbayar.html. Dipetik Maret 19, 2016, dari www.menlhk.go.id: www.menlhk.go.id/siaran-31-menujupenerapan-kebijakan-kantong-plastikberbayar.html

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. (2008). Buku. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Najid, Annisah. (2015). Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Tangerang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nugraheni, Dian. (2013). Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatam SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritsis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia, vol.2 no.3.

Nurlaelasari, Lela. (2015, Agustus 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara)/

Paembonan, Taya. (1990). Penerbitan dan Pengembangan Buku Pelajaran di Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007. (2007). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Poedjiadi, Anna. (2010). Sains Teknologi Lingkungan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pusat Perbukuan. (2014). Instrumen Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Instrumen B1

Pusat Perbukuan. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks. Jakarta: Departemen Pendidian Nasional.

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, A. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Niai Kewirausahaan. SELOKA 2 (1).

Saefudin, E. (2015, Agustus 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Setiawan, Denny. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyanto, Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembanagn Modul IPA Terpadu Berbasis Sains teknologi Masyarakat dengan Tema Tekonologi Biogas. Jurnal Kependidikan, Volumr 42, Nomor 1, Halaman 54-60.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teti. (2015, Agustus 06). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).

Tirtaraharja, U. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ulfa, Anik, dkk. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Educatoin journal, 2.

Widodo, C. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Zul, Nurlita. (2015, Agustur 10). Wawancara Analisis Kebutuhan. (M. Rizki, Pewawancara).




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mira Rizki, Dedi Irwandi, Evi Sapinatul Bahriah

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637