PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Yesi Jufrina, Lisa Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Sawahlunto melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen  dengan desain Nonequivalent Control Grup Data peningkatan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil pretes dan postest. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis kimia siswa adalah sebesar 5.5 %.


Keywords


model pembelajaran berbasis masalah; keterampilan berpikir kritis; reaksi redoks

References


Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Diyah Rauhillah Hasni. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kimia Siawa pada Konsep Laju Reaksi. Program Studi Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah, 62.

Fitri Apriani Pratiwi. (2011). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan, 15.

Gede Putra Adnyana. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 45 Nomor 3, 202.

I Ketut, R. (2012). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa.Program Studi Pendidikan IPA.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung.

Nur’aini, Eka. (2011). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Baru untuk Mata Pelajaran Biologi. PEP UNY, 6.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surya, H.(2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar, Jakarta: Efek Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yesi Jufrina, Lisa Utami

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637