PENGARUH PERMAINAN KAREKI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN ION DI SMA ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1243Keywords:
kartu remi kimia, kareki, hasil belajar, ikatan ionAbstract
Rendahnya nilai mata pelajaran kimia siswa disebabkan metode yang digunakan guru belum membuat siswa aktif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kareki (kartu remi kimia) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ikatan ion. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan penelitian the posttest only control group design. Populasinya siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel sebanyak 2 kelas XA dan XB. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka diperoleh thitung = 1,81 > 1,68= ttabel, berarti hipotesis diterima. Sehingga, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif permainan Kareki terhadap hasil belajar Kimia siswa kelas X pada materi ikatan ion di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.References
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Http://isjd.pdii.Lipi.Go.Id/Admin/Jurnal/4209 8993/pdf/Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,Vol.4,No.1,2010.
Lie, Anita (2002). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Lufri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Panen, Paulina, dkk. 2004. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Resi Pratiwi, 2009,“Efektivitas Media ChemoEdutaiment Domino Ikatan Kimia sebagai Aplikasi Pendekatan Pakem terhadap Hasil Belajar Kimia SMAâ€, Semarang: FMIPA Unnes.
Robert E, Slavin, 2005, Media yang Menarik dan Menyenangkan; Teori, Riset dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Siti Khomsatun, 2010,â€Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino pada Materi Bilangan Pecahan menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Educationâ€, Semarang: FMIPA Unnes.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustafa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).