PENGARUH PERMAINAN KAREKI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN ION DI SMA ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH


Yani Pinta(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya nilai mata pelajaran kimia siswa disebabkan metode yang digunakan guru belum membuat siswa aktif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kareki (kartu remi kimia) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ikatan ion. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan penelitian the posttest only control group design. Populasinya siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel sebanyak 2 kelas XA dan XB. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka diperoleh thitung = 1,81 > 1,68= ttabel, berarti hipotesis diterima. Sehingga,  dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif permainan Kareki terhadap hasil belajar Kimia siswa kelas X  pada materi ikatan ion di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Keywords


kartu remi kimia; kareki; hasil belajar; ikatan ion

References


Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Http://isjd.pdii.Lipi.Go.Id/Admin/Jurnal/4209 8993/pdf/Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,Vol.4,No.1,2010.

Lie, Anita (2002). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Lufri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Panen, Paulina, dkk. 2004. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Resi Pratiwi, 2009,“Efektivitas Media ChemoEdutaiment Domino Ikatan Kimia sebagai Aplikasi Pendekatan Pakem terhadap Hasil Belajar Kimia SMA”, Semarang: FMIPA Unnes.

Robert E, Slavin, 2005, Media yang Menarik dan Menyenangkan; Teori, Riset dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Siti Khomsatun, 2010,”Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino pada Materi Bilangan Pecahan menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education”, Semarang: FMIPA Unnes.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustafa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yani Pinta

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637