PERMAINAN “KIMIA KOTAK KATIK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR


Rusly Hidayah(1*), Suprianto Suprianto(2), Alis Rahmawati(3)

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang, Surabaya, 60231, Indonesia, Indonesia
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang, Surabaya, 60231, Indonesia, Indonesia
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang, Surabaya, 60231, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan permainan “kimia kotak katik” ditinjau  dari isi dan kontruksi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada materi Sistem Periodik Unsur. Sasaran penelitian ini adalah 12 orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Postest. Hasil analisis data menunjukan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan sebesar 83,33%.  Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil uji coba, permainan kimia kotak katik layak untuk diterapkan untuk pembelajaran kimia.

Keywords


kimia kotak katik; media pembelajaran; sistem periodik unsur

References


BSNP. 2013. Kurikulum 2013. Dalam Kemendikbud.

Fadilah, Q. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Game Tournament) Dengan Permainan Word Square dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) , 2.

Nur, Muhammad. 2004. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: UNESA Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 69 Tahun 2013.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arif S. Dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sirhan, G. 2007. Learning Difficulties in Chemistry. Journal of Turkish Science Education , 4 (2).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rusly Hidayah, Suprianto Suprianto, Alis Rahmawati

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637