LEMBAR KERJA BERBASIS PROYEK PADA PEMBUATAN KRIM ANTIJAMUR


Saepudin Rahmatullah(1*), Nia Nurul Fadilah(2)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep koloid bersifat abstrak dengan contoh konkrit, sehingga diperlukan suatu lembar kerja praktik aplikatif yang sesuai dengan konsep tersebut. Pemanfaatan lengkuas dalam bentuk krim antijamur dengan pengaplikasian pembelajaran proyek, dapat mewujudkan pembelajaran yang bersifat bermakna dan dekat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk menyusun LK berbasis proyek, mengetahui uji kelayakan LK berbasis proyek, dan penentuan karakteristik terbaik krim antijamur dari berbagai variasi komposisi fasa terdispersi, pendispersi dan keberadaan zat tambahan. Lembar kerja dibuat menggunakan metode research and development. Prosedur dalam lembar kerja ditentukan melalui pembuatan dan analisis karakteristik krim antijamur dari fraksi nonpolar ekstrak aseton lengkuas. Hasil uji validasi terhadap format LK dinyatakan valid, dengan nilai rata-rata rhitung yang diperoleh sebesar 0,84, persentase keterbacaan LK adalah 97%, sedangkan karakteristik LK yang dihasilkan membuat siswa dapat menentukan konsep dan prosedur pembuatan sistem koloid emulsi, faktor yang mempengaruhi karakteristik emulsi dan penerapan koloid.


Keywords


lembar kerja proyek; pembuatan koloid; krim; antijamur

References


Afriansi, E.A. dan Nasrudin. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Representasi Level Sub-Mikroskopik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Surabaya: Unesa Journal of Chemistry Education. 3. (3). 66-74.

Merta, L.M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa. Singaraja: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.46. (1).9-19.

Latisma, Fitri, R.L dan Dewata, I. (2015). Analisis Kecenderungan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Sistem Koloid Di SMA Kerinci. Prosiding SEMIRATA 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat. Pontianak: Universitas Tanjungpura. 124.

Lukman, L.A., Martini, K.S. dan Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai Media Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid di Kelas XI IPA SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).4. (1).113-119.

Oktaviani, D.P., Sholihin, H. dan Setiabudhi, A. (2013). Adaptasi Kurikulum CAMBRIEGE IGCSE CO-ORDINATED SCIENCES terhadap KTSP pada Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Koloid. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia.1. (1).1-10.

Pradita, Y., Mulyani, B., dan Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013 /2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).4.89-96.

Rachmayanti, M. dan Amaria. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada Materi Koloid Implementation Students Teams Achievement Divisions (STAD) of Cooperative Learning in the Matter Of Colloid. Surabaya: Unesa Journal of Chemistry Education.2. (3).119-128.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Saepudin Rahmatullah, Nia Nurul Fadilah

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637