PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA


Klaudius Ware(1*), Eli Rohaeti(2)

(1) Universitas Nusa Nipa Maumere, Indonesia
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian yaitu menguji pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Sleman pada materi larutan penyangga. Sampel dalam penelitian ini yaitu, 63 peserta didik SMA Negeri 1 Sleman terbagi atas kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan model 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Data, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan). Kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains diukur dengan integrated assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Sleman pada materi larutan penyangga.

 


Keywords


kemampuan berpikir analitis; keterampilan proses sains; larutan penyanggan; problem based learning.

References


Abdurrozak R., Jayadinata, A.K., & Atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.

Alrahlah, A. (2016). How Effective the Problem-Based Learning (PBL) in Dental Education. A Critical Review. The Saudi Dental Journal, 28, 155-161.

Ansarian, L., Adlipour, A.A., Saber, M.A., et.al. (2016). The Impact of Problem-Based Learning on Iranian EFL Learners’ Speaking Proficiency. Australian International Academic Centre, Australia, 7(3), 84-94.

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach. United State of America: McGraw Hill Companies.

Dawati, H.N.M., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Analitis pada Model Problem Based Learning disertai Mind Map dengan Kelas Konvensional pada Siswa Kelas X IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 102-113.

Desriyanti,R., & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1,(2), 77.

Hinderasti, N.E.K., Suciati, & Prayitno, B.A. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Bioedukasi, 6(2) 10-27.

Idowu, Y., Muir, E. & Easton, G. (2016). Problem-based Learning Case Writing by Students Based on Early Years Clinical Attachments: a Focus Group Evaluation. Journal of the Royal Society of Medicine Open, 0(0), 1–8.

Jufrina, Y., & Utami, L. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 58-63.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Montaku, S., Kaittikomol, P., & Tiranathanakul, P. (2012). The Model Of Analitytical Thinking Skill Training Process. Research Journal of Applied Sciences, 7(1), 17-20.

Mühlfelder, M., Konermann, T., & Borchard, L.M. (2015). Design, Implementation, and Evaluation of a Tutor Training for Problem Based Learning in Undergraduate Psychology Courses. Journal of Problem, 3(2). 37-61.

Ningsih, S. (2015). Model Pembelajaran Based Learning dalam Kurikulum 2013. (https://www.kompasiana.com/suryaningsihwardana/model-pembelajaran-problem-based-learning-dalam-kurikulum-2013_54f683a3a33311e6048b4f14), diakses, 29 Juni 2018.

Novita, G.A.D.L., Sudana, D.N., & Riastini, P.N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoyo. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11.

Pertiwi, D.A. & Husna. (2013). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Metode Praktikum dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Termodinamika di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sanggau. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan, 3(2), 31-40.

Pramudita, U.G., Probosari, R.M. & Widoretno, S., (2014). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X MIA 6 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bio-Pedagogi, 3(2), 31-40.

Priadi, M.A., Sudarisman, S., & Suparmi (2012). Pembelajaran biologi menggunakan model problem based learning melalui metode eksperimen laboratorium dan lapangan ditinjau dari keberagaman kemampuan berpikir analitis dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Inkuiri, 1(3). 217-226.

Rahmawanna, R., Adlim, A., & Halim, A. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Chemo-entrepreneurship (Cep) terhadap Sikap Siswa Pada Pelajaran Kimia dan Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 113-117.

Rezba, R.J., Sprague, C.R., McDonnough, J.T., et.al. (2007). Learning & Assessing Science Process Skills: Fifth Edition. United State of America: Hunt Publishing Company.

Rofiah ,E., Aminah, N.S., & Ekawati, E.Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 17-22.

Schmidt, H.G., Rotgans, J.I., & Yew, E.H.J. (2011). The Process of Problem-Based Learning: What Works and Why. Medical Education 2011 (45), 792–806.

Siwa, I.B., Wuderawan, I.W., & Tika, I.N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sain ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, 3(2013), 1-13.

Sugiarti & Bija, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI A SMA Negeri 3 Watansoppeng. Jurnal Chemical UNM, 2(13), 77-73.

Sujarwo. (2014). Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: CV. Venus Gold Press.

Sun, R., & Hui, E. (2012). Cognitive Competence as a Positive Youth Development Construct: A Conceptual Review. The Scientific World Journal, 2012, 1-7.

Supiandi, M.I. & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Üce, M., & Ateş, I. (2016). Problem-based Learning Method: Secondary Education 10th Grade Chemistry Course Mixtures Topic. Journal of Education and Training Studies, 4(12), 30-35.

Utrifani, A. & Turnip,B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X Sma Negeri 14 Medan T.p.2013/2014. Jurnal Inpafi, 2(2), 9-16.

Wahyudi, A., Marjono, & Harlita (2015). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Klaudius Ware, Eli Rohaeti

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637