PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP ELEKTROKIMIA


Maried Ayuningtyas Oktavianie(1*), Dedi Irwandi(2), Dewi Murniati(3)

(1) ,  
(2) ,  
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kimia berbasis kontekstual pada konsep elektrokimia dan mengetahui respon siswa terhadap buku tersebut. Proses pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perancangan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan dihasilkan indikator buku pengayaan yang telah diintegrasikan dengan tujuh komponen kontekstual untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan buku pengayaan. Pada tahap evaluasi produk dihasilkan buku pengayaan yang telah divalidasi oleh 4 orang ahli. Buku pengayaan diuji cobakan di kelas XII IPA I SMAN 18 Kabupaten Tangerang. Hasil uji coba terbatas mendapatkan skor respon siswa sebesar 82,49% termasuk dalam kategori layak dengan predikat baik.


Keywords


buku pengayaan; kontekstual; elektrokimia

References


Jannah, D. F., & Dwiningsih, K. (2013). Kelayakan Buku Ajar Kimia Berorientasi Quantum Learning pada Materi Kimia Unsur untuk Kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 2, 163-170.

Karsli, F & Calik, M. (2012). Can Freshman Science Student Teachers’ Alternative Conceptions of ‘Electrochemical Cells’ Be Fully Diminished?. Asian Journal of Chemistry, 24(2), 485-491.

Kurniasari, Dwi A. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VII. Unnes Science Educational Journal, 3(2), 462-467.

Margono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Markic, S & Eilks, I. (2006). Cooperative and Context-based Learning on Electrochemical Cells in Lower Secondary Chemistry: A Project of Participatory Action Research. Science Educatio International, 17(4), 253-273.

Maryam, S. (2012). Strenghtening the Character: Uphold Ethics in Indonesian Language Study Pass by Supplementary Books. International Journal for Educational Studies, 39-50.

Muslich, M. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pangastuti, Ratri P. (2017). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Asam Basa untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Kimia, 6(1), 23-30.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2014. (2014). Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Pembelajaran. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. (2008). Buku. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. (2013). Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Prastowo, A. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnomo, S. (2014). Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kontekstual pada Konsep Larutan Asam Basa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Pusat Perbukuan. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Riduwan & Sunarto. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rosalin, E. (2008). Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharyadi, Permanasari, A., & Hernani. (2013). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual pada Pokok Bahasan Asam dan Basa. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 60-68.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Zuriah, N., Sunaryo, H., Yusuf, N.. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39-49.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maried Ayuningtyas Oktavianie, Dedi Irwandi, Dewi Murniati

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637