DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK


Ade Silvia Wahyuni(1*), Miterianifa Miterianifa(2)

(1) , Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H. R. Soebrantas No. 155 Km 15 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan self efficacy peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media,  praktikalitas guru dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Hikmah Pekanbaru terhadap peserta didik kelas XI sains. LKPD dikatakan layak jika memenuhi aspek valid dan praktis. Kevalidan dilihat dari hasil validasi dengan menggunakan lembar validasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil validasi ahli materi secara keseluruhan sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli media secara keseluruhan sebesar 98% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas guru dilakukan pada 3 orang guru dan mendapatkan hasil sebesar 87% dengan kategori sangat praktis. Respon peserta didik didapat dari 15 orang peserta didik dilihat dari hasil angket sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. Peningkatan self efficacy peserta didik dapat diketahui melalui perhitungan N-gain berdasarkan hasil pretest dan posttest. Rata-rata N-gain yang diperoleh yaitu 0,1378 dengan kategori rendah. Selain itu Peningkatan self efficacy peserta didik dapat dilihat dari angket yaitu hasil perhitungan skor menunjukkan 40% peserta didik mempunyai self efficacy yang sangat tinggi, 47% peserta didik pada kriteria tinggi, dan 13% pada kriteria cukup tinggi.


Keywords


lembar kerja peserta didik; problem based learning; self efficacy

References


Agustini, Afifah, E. Q., & Rudiana. (2017). Pengembangan Modul Berorientasi Contextual Teaching And Learning pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Self-Efficacy. Unesa Journal Of Chemical Education, 402-408.

Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 35-61.

Aprilia, Y., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Self Efficacy Dan Hasil Belajar. The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3, 19-27.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, 90-114.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Atas. Retrieved Juni Rabu, 2018, from https://www.academia.edu

Diba, P. F., Wardani, S., & Sudarmin. (2017). Diba, Pawesti Farrah. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterapilan Generic Sains Peserta Didik. Journal Of Innovative Science Education, 6(2), 1-8.

Evendy, R., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 271-277.

Giyantono, R. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning Pada Mata Diklat Las Kelas X TPM SMK Taman Siswa Surabaya. JPTM, 2, 96-102.

Hairida. (2017). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Self Efficacy Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia. Edusains, 9, 53-59.

Hardiyanti, P. C., Wardani, S., & Nurhayati, S. (2017). Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 1862-1871.

Ikhasaum, F. (2016). Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik. Bandar Lampung: Tesis Universitas Lampung., 1-91.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, E., Syamsurizal, & Asrial. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu Sains, 5(2), 8-17.

Sudaryati, A., Soeparmi, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri 127-140, 6, 127-140.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di MTSN 2 Ciamis. Jurnal Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39-44., 1, 39-44.

Widiyatmoko, Sujiono, & Ari. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, 685-693.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ade Silvia Wahyuni, Miterianifa Miterianifa

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637