PENGEMBANGAN E-MODULE BIOKIMIA PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI KIMIA


Siti Munawaroh(1*), Rara Seruni(2), Muktiningsih Nurjayadi(3), Fera Kurniadewi(4)

(1) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Magister Pendidikan Kimia, fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/Rw.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220, Indonesia
(3) Magister Pendidikan Kimia, fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/Rw.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220, Indonesia
(4) Magister Pendidikan Kimia, fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/Rw.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran abad 21 diarahkan berpusat pada peserta didik dan kemampuan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis, dan berkreativitas. Peserta didik harus dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan bahan perkuliahan untuk sarana belajar mandiri dan dapat mengembangkan keterhubungan makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module perkuliahan biokimia materi metabolisme karbohidrat untuk peserta didik program studi pendidikan kimia dan kimia semester VI. Di setiap akhir topik bahasan dalam modul ini terdapat tes formatif, sedangkan tes sumatif berada di akhir modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development model Borg dan Gall dengan instrumen berupa angket. Sumber data penelitian adalah mahasiswa pendidikan kimia berjumlah 36 orang dan 6 orang dosen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap peserta didik dan dosen biokimia. Berdasarkan hasil analisis data uji coba yang sudah divalidasi dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar dalam bentuk e-modul yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam perkuliahan Biokimia. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi modul elektronik oleh ahli media, materi, dan bahasa diperoleh interpretasi baik dengan persentase 80% hingga 90% dan hasil uji coba skala kecil peserta didik dan dosen mendapatkan interpretasi baik dengan persentase  81% hingga 88%.


Keywords


e-module; biokimia; metabolisme karbohidrat

References


Abustan, A., & Nawir, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Elektronik LCD terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 34-39.

Borg, W.R, & Gall, M. D. (2006). Educational Research: An Introduction, (Eighth Edi). New York & London: Pearson Education.

Eli, R. N., & Sari, S. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 135-144.

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurchaili, N. (2017). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. LIBRIA, 8(2).

Osman, K., & Lee, T. T. (2014). Impact Of Interactive Multimedia Module With Pedagogical Agents On Students’ Understanding And Motivation In The Learning Of Electrochemistry. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(2), 395–421.

Prasetiyowati, Y. (2015). Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Materi Pokok Pemodelan Objek 3D Kelas XI Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Smk Negeri 1 Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan, cet. Yogyakarta: Diva Press.

Purwaningtyas, Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas XI berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1),121-129.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49.

Rachmah, A., Rosha, J. M., & Vani, N. D. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Usaha dan Energi. Physics Education, 1(2), 1-11.

Romiati, S. (2018). Pengembangan E-Module Pembelajaran Kimia Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Universitas Negeri jakarta.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 140-144.

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Toprak, M. (2011). An analysis of analogies used in secondary chemistry textbooks. Procedia Computer Science, 3, 307-311.

Widalismana, M., & Lestari, N. D. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa menggunakan Media Cetak dengan Media Elektronik pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas PGRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 41-48.

Zaningsih, R. D. (2018). Pengembangan Aplikasi E-Modul Mobile Pembelajaran Matematika Berbasis Android Studio Pokok Bahasan Matriks (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Munawaroh, Rara Seruni, Muktiningsih Nurjayadi, Fera Kurniadewi

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637