Stakeholder Perceptions of the Implementation of the Independent Campus Independent Learning Policy
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v8i1.24731Keywords:
Independent Campus Independent Learning Policy, Perception, StakeholderAbstract
This study aims to determine the response of Stakeholders to the Implementation of MBKM at UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Research on Community Users of Graduates in Garut Regency, Bogor Regency and Cianjur Regency). This research uses a qualitative approach, the method used in this research is descriptive analytic research method Data collection techniques to be carried out in this study are observation, interviews, and documentary studies. The results of his research show that the purpose of implementing the values of the four pillars of nationality is very important in building student character so that there are no deviations in understanding about nationality and statehood, and are not easily influenced by bad things. The implementation of the four pillars of nationality in shaping the character of UIN Sunan students Gunung Djati Bandung cannot be separated from its supporting and inhibiting factors. Among the supporting factors in the implementation of the four pillars of nationality include lecturers being given 'freedom' in creativity, including in carrying out learning designs and in developing material for the four pillars of nationality.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon Stakeholder terhadap Implementasi MBKM di UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Penelitian pada Masyarakat Pengguna Lulusan di Kabupaten Garut, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitik Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tujuan implementasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan merupakan hal yang sangat penting dalam membangun karakter mahasiswa agar tidak terjadi penyimpangan pemahaman tentang kebangsaan dan kenegaraan, serta tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal buruk Pelaksanaan empat pilar kebangsaan dalam membentuk karakter mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tidak telepas dari faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Di antara faktor pendukung dalam pelaksanaan empat pilar kebangsaan di antaranya Dosen diberi ‘kebebasan’ dalam berkreativitas, termasuk dalam melakukan desain pembelajaran dan dalam mengembangkan materi empat Pilar kebangsaan.
References
Anonimous, Mahasiswa dan Karakter Empat Pilar Kebangsaan, tersedia pada laman https://www.unila.ac.id/mahasiswa-dan-karakter-empat-pilar-kebangsaan/, update 05 November 2020.
Bogdan, C.R. & Biklen, S.K., (1990). Quantitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, terj. Munandir, Jakarta: Direktorat
Bogdan, C.R. & Taylor, S.J. (1993). Introduction In Qualitative Researsh Methods, New York, John Wiley & Son Inc.
Gunawan, Heri, (2014), Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung, Alfabeta.
Hardianto, Deni (2011) “Membangun Karakter Berwawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Terpaduâ€. Diunduh tanggal 03/06/ 2011
Hasanah, Aan, (2012), Pendidikan Karakter Berperspektif Islam, Bandung, Insan Komunika.
Hasanah, Aan, dkk., (2018), Penguatan Karakter Kebangsaan di Pesantren, Bandung, Mimbar Pustaka.
Hastangka, Dkk., (2019), Dampak Sosialisiasi Empat Pilar MPR RI terhadap Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Jurnal Civics, Media Kajian Kewarganegaraan, Volume 16 Nomor 2 Tahun 2019, hal. 98
Kemendiknas 2011. Buku Panduan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
Kemendiknas, (2010) Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta, Direktorat Mandikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Kemendiknas, (2010) Desain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Direktorat Mandikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Kemendiknas, (2010) Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Kemenkokesra, (2010) Desain Induk Pembangunan Karakter Bangsa, Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional RI. 2010. Grand Desain Pendidikan Karakter. Jakarta.
Kesuma, Doni. 2009. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kompas Cyber Media
Lickona, Thomas (1991). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam
Moleong, Leksi J., (2002), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosada Karya.
Sandhi, Frentylia, dkk, (2013), Hubungan Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan dengan Sikap Siswa Menghadapi Arus Globalisasi, Makalah, Bandar Lampung.
Sari, Apri Atika, (2020), Implementasi Empat Pilar Kebangsaan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur, Pascasarjana IAIN Metro Lampung.
Shihab, M. Quraish (1996) Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan
Shihab, M. Quraish, (2010), Membangun Karakter berwawasan kebangsaan, http//kesehatan.myhendra.web.id/ diunduh tanggal 4 Agustus 2010
Sudjana, Nana, (1982), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinarbaru.
Syafruddin, (2020), Karakter Kebangsaan Untuk Peradaban Unggul, Bandung, Sentra Publikasi Indonesia.
Tim Penyusun, (2006) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Fokus Media, 2006.
Tim Penyusun, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional kerjasama dengan Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Tim Penyusun, (2019), Rencana Induk Pengembangan UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019-2024, UIN Suanan Gunung Djati Bandung.
Tim Penyusun, (2020), Profile Senat Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Senat Univeritas, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).