SIKAP SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUNNAJA BAB SALAT HUBUNGANNYA DENGAN PENGAMALAN IBADAH SALAT MEREKA

Undang Burhanudin, Lilis Halimah

Abstract


Penelitian ini diasumsikan bahwa pengamalan ibadah salat memiliki keterkaitan dengan sikap siswa terhadap proses pembelajaran kitab safinatunnaja bab salat di madrasah. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif sikap siswa terhadap proses pembelajaran kitab safinatunnaja bab salat, maka akan semakin tinggi pula pengamalan ibadah salat mereka di madrasah, demikian pula sebaliknya. Untuk menguji hipotesis diatas diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah pendekatan statistik korelasional, penyebaran angket ditujukan kepada 40 orang responden sebagai sampel total. Dari hasil pengolahan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Realitas sikap siswa terhadap proses pembelajaran kitab safinatunnaja bab salat termasuk pada kategori sangat positif (Skor 4,4), (2) Realitas pengamalan ibadah salat siswa termasuk pada kategori tinggi (Skor 3,3), dan (3) Realitas hubungan antara keduanya adalah (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sangat tinggi (0,94); (b) Hipotesisnya diterima thitung (16,54) lebih besar dari ttabel (2,02); (c) Sementara itu kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 65% . Hal ini menunjukkan bahwa 65% pengamalan ibadah salat di madrasah tanwirul qulub dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap proses pembelajaran kitab safinatunnaja bab salat. Dengan demikian masih terdapat 35% lagi faktor lain yang mempengaruhi pengamalan ibadah salat di madrasah tanwirul qulub.


Keywords


Proses Pembelajaran; Pengamalan Ibadah Salat

References


Achmad Sunarto, S. N. (2011). Himpunan Hadits Shahih Bukhari. Jakarta Timur : Annur Press.

Agama/IAIN, P. P. (1982). Ilmu Fiqih 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama.

Ahmadi, A. (2004). Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam . Jakarta : Bumi Aksara.

_________

(2009). Psikologi Sosial . Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

AMs, S. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Bimo Walgito. (2003). Psikologi Sosial (suatu pengantar), Yogyakarta : Andi Offiset

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan . Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.

________

(1998). Qualitative Inquiry And Research Design Choosing Among Five Traditions. Thousand Oaks: CA.

et.el, M. A. (1995). Kamus Istilah Fiqih. Jakarta: PT Pustaka Firdaus.

Hadi, S. (1992). Statistik Ii. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hayati, T. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan . Bandung: CV Insani Mandiri .

Imam Suprayogo, M. R. (2010, Mei). "Madrasah Diniyah". Retrieved from http://www.Madrasah %20Diniyah.htm.

Islam, P. P. (1985). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam . Jakarta : Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam.

Jamaludin. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Junanto, S. (2016). Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Diniyah . At-tarbawi, 178.

Kebudayaan, D. P. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta : Balai Pustaka.

Muhammad Syazali, N. (2014). Olah dan Data Penelian Pendidikan. Langsung: AURA .

Nasihuddin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Tresna Bhakti Press.

Nuh, I. H. (2008). Panduan Shalat . Jakarta : Pena Pundi Aksara.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Ramayulis. (2005). Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta : Kalam Mulia.

Rasyid, S. (1997). Fiqiih Islam . Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Razak, M. (1995). Dienul Islam . Bandung: PT Al-Ma'arif.

________

(2000). Dienul Islam . Bandung: PT Al-Ma'arif.

Redaksi, T. (2011). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.

RI, D. A. (2012). Al-Quran dan Terjemahannya. Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Sarwono, S. W. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Shiddieqy, H. A. (2000). Kuliah Ibadah. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra .

_________

(2000). Pedoman Shalat . Jakarta: Bulan Bintang.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta.

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Statistika Pendidikan . Bandung: Alfabeta .

________

(2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, A. (2010). Garis-garis Besar Fiqih . Jakarta: Kencana .




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal



View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id