PENERAPAN MODEL QUICK ON THE DRAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PAI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2720Keywords:
Quick on The Draw, Permainan Bingo, Berpikir KreatifAbstract
Berpikir kreatif merupakan masalah penting dalam pembelajaran. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang memperhatikan kemampuan ini. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswa-siswinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif PAI siswa melalui model pembelajaran quick on the draw dengan menggunakan media permainan bingo pada siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut Tahun Pelajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir kreatif yang di gunakan peneliti lebih menekankan pada ranah kognitif taksonomi bloom dimensi baru, antara lain: mengingat (remember), memahami (understand), menerapkan (applyze), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan menciptakan (create). Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dan lembar tes berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan presentase 72,9 pada siklus I menjadi 77,54 pada siklus II, aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 63,75% pada siklus I menjadi 72,5%. Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 67,5% pada siklus I menjadi 72,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quick on the draw dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif PAI siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut tahun pelajaran 2016/2017.References
Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas, terj. Wasi Dewanto. Jakarta: Indeks.
Kasmiatun dan Mintohari, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Saaintifik pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat di Kelas VA SDN Babatan V/460 Surabaya,†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 3 No 2 (2015), hal 291-301.
Majaya, Ling. 2013. 6 Pola Sukses Mendidik Anak Jadi Kreati: Merevolusi Cara Berpikir Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul. 2012. Belajar Pembelajaran PAI. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Utari, Retno. “Taksonomi Bloom, Apa dan Bagaimana Menggunakannya?â€, Jurnal Pusdiklat KNPK (2011).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).