PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Cecep Anwar, Novi Yulianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Cariu Kecamatan Cariu Bogor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satunya masih rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas VII 8. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa salah satu metode yang diasumsikan mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, dan bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII 8 dengan jumlah siswa 35 orang. Adapun istrumen yang digunakan yaitu silabus, RPP, lembar observasi guru dan siswa serta angket siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Siklus 1 hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 73,28% dikategorikan aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 76,19% dikategorikan aktif. Siklus II hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 86,78% dikategorikan sangat aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 84,41% dikategorikan sangat aktif.

Keywords


Metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar dan keaktifan belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Idris dan Marno. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Jacobsen, David A., dkk. (2009). Methods For Teaching (Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. (2012). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.

Poerwadarminta, W.J.S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sriyono, dkk. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. Sobry. (2008). Belajar dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan yang Berhasil”. Bandung : Prospect.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294
Nomor Kontak: 085222117644 (Nano Nurdiansah)
website: http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/ atau https://atthulab.ftk.uinsgd.ac.id
email: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id