PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HADITS TENTANG TOLERANSI HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP MEREKA TERHADAP SISWA NON-MUSLIM (Penelitian pada Siswa Kelas XI di SMAN 11 Bandung)

Mukarom Mukarom

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi; realitas sikap terhadap siswa non muslim; dan realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang paling cocok untuk menggali, mengungkapkan, serta menganalisis fenomena dan permasalahan yang ada. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara tes, angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data, dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi berkualifikasi baik, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 77,05, sedangkan sikap terhadap siswa non muslim berkualifikasi cukup, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 3,26. Sedangkan hasil perhitungan statistik menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan adanya koefisien korelasi sebesar 0,41.

Keywords


Pemahaman Siswa, Toleransi, Sikap Siswa

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin Makmun. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ahmad Tafsir. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anas Sudijono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Depag RI. 2007. Kompilasi Peraturan Perundang-undangan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Kemendikbud. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud.

M. Imam Pamungkas. 2012. Akhlak Muslim Modern. Bandung: Marja.

M. Ngalim Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu Kariadinata. 2012. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Saepudin Azwar. 2011. Sikap Manusia. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman AM. 2011 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Slameto. 2010 Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan Kelima. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

W.S. Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedra Widiasarana Indonesia.

Zakiyah Darajat. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

______________ 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara,.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294
Nomor Kontak: 085222117644 (Nano Nurdiansah)
website: http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/ atau https://atthulab.ftk.uinsgd.ac.id
email: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id