PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA KASUS KORUPSI

Hasbiyallah Hasbiyallah, Siti Fadhilah Asy-Syari

Abstract


Dalam upaya memberantas kasus korupsi di Indonesia ini berkurang, timbulah sebuah gagasan untuk memasukan peran  pendidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan sehingga Narapidana yang melakukan tindak kriminal dapat menerima kesalahan mereka dengan bentuk kesadaran diri untuk memperbaiki diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan wanita kelas IIA yaitu tentang perencanaan,  proses, dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi narapidana kasus korupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data nya dengan penafsiran deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan yaitu : Pertama, perencanaan pelaksanaan pendidikan agama Islam terdiri dari jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kedua, proses pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan telah dijadwalkan oleh pihak lapas dari hari senin sampai hari sabtu setiap pagi pukul 07.30 sampai dengan 11.30. Ketiga, faktor  pendukungnya tenaga pendidik/dai yang diisi oleh pihak instasi dan berbagai organisasi keagamaan, Faktor penghambatnya adalah sarana yang selalu terfokus di aula serba guna sehingga situasi dan kondisinya bising

Keywords


Pendidikan Agama Islam

References


Afifudin, M., Pembinaan Agama Teradap Naraidana Dalam Rangka Pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan, Jakarta: disampaikan dalam Diskusi Metode Da’wah Terhadap Narapidana yang diselenggarakanoleh Direktorat Penerangan Agama Departemen Agama RI, 1977.

Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, Remaja Rosda Karya,2004.

Alatas Husaein, Sosiologi Korupsi, Jakarta: LP3ES, 1982.

Denny Indrayana, Hukum di Sarang Koruptor, Kompas, Jakarta, 2008.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Faisal Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Hamid, Edy Suandi dan Muhammad Sayuti, Menyingkap Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di Indonesia, Yogyakarta: Penerbit Aditya, 1999.

Ibnu Khaldun. Mukaddimah, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Mansyursemma, Negara dan Korupsi, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Muhammadiyah, Nahdatul ulama Partnership Kemitraan, Koruptor itu kafir, Jakarta, Mizan, 2010.

Puspito, Nanang T, Pendidikan Antikorupsi untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Kemendikbud RI, 2011.

Saifudin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Syahminan Zaini, Prinsip-prinsip dasar Konsepsi Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 1986.

Taufik, A., Penjara, the untold stories Jakarta: Ufuk Press, 2018.

Undang-Undang No. 12 Tahun 1995, Tentang Sistem pemasyarakatan.

Zakiyah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 1996




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal



View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id