PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN SISWA DALAM ASPEK AKHLAK MELALUI METODE KETELADANAN DI SD ALAM BANDUNG

MURNIATI MURNIATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan metode keteladanan yang dipraktikkan oleh guru-guru di SD Alam Bandung. Hal ini dilatarbelakangi oleh menurunnya akhlak siswa saat ini. Pembelajaran akhlak seharusnya tidak hanya teori saja, tetapi juga harus dijadikan perilaku sehari-hari. Di SD Alam Bandung peneliti melihat bahwa ada metode keteladanan yang diterapkan pada anak-anak oleh guru Pembina agama dan guru kelas. Hal ini menjadi penting mengingat akhlak itu harus dibentuk sejak dini agar menjadi karakter yang kuat bagi anak untuk masa depannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa metode keteladanan mampu membantu untuk membentuk akhlak siswa karena siswa akan lebih cenderung menirukan apa yang telah dicontohkan. Sehingga sekolah ini berkomitmen untuk menerapkan metode keteladanan dalam mengembangkan perilaku beragama siswa agar menjadi siswa yang berakhlak mulia.

 

Keyword       : Pengembangan Keberagamaan, Aspek Akhlak, Metode Keteladanan, SD Alam Bandung


Keywords


PENDIDIKAN ISLAM



DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal

View My Stats

Indexing by:

Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. Nomor Kontak: 089606296370 (Mahlil Nurul Ihsan). 

email: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id