PERAN GURU PAI, WALI KELAS DAN KONSELOR BK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung)

rizqi rahayu rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi peran guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di SMP Darul Hikam Bandung. (2) Mengidentifikasi dampak peran guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan terhadap akhlak siswa tersebut. (3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat  guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan atau menganalisis data-data yang diperoleh dari SMP Darul Hikam Bandung. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa guru PAI memiliki peran penting sebagai pendidik dan evaluator, wali kelas memiliki peran penting sebagai orang tua dan evaluator, dan konselor BK memiliki peran penting sebagai konselor dan evaluator. (2) Dampak peran guru PAI, wali kelas, dan konselor BK sebagai pendidik, orang tua, konselor, dan evaluator memberikan dampak yang baik (positif) terhadap akhlak siswa di SMP Darul Hikam Bandung. (3) a. Faktor pendukung: tekad dan semangat guru, adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, penciptaan lingkungan yang Islami. b. Faktor penghambat: psikologis siswa dan orang tua yang kurang kooperatif.


Keywords


guru PAI; wali kelas; konselor BK; perilaku keberagamaan; akhlak

References


Abdullah, Taufik dan M. Rusli Karim, ed. 1989. Metodologi Penelitian Agama: sebuah pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ancok, Djamaluddin, Fuat Nashori Suroro. 1995. Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmani, Jamal Makmura. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Diva Press.

Barizi, Ahmad. 2009. Menjadi Guru-Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Daradjat, Zakiah, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fakhruddin, Asep Umar. 2011. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press.

Gunawan, Yusuf. 1992. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ilyas, Yunahar. 2004. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Isana, Widiati. 2016. Pembinaan Keberagamaan dan Keilmuan Generasi Muda di Madrasah Diniyah Attaqwa, Desa Cisontrol Kabupaten Ciamis Tahun 1983-1989. Jurnal al-Tsaqafa Volume 13, No. 02.

Kadir, Muslim A. 2011. Dasar-dasar Praktikum Keberagamaan dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono, Kartini. 1985. Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Mahfudz, Asep. 2011. Be A Good Teacher or Never: 9 Jurus Cepat Menjadi Guru Profesional Berkarakter Trainer. Bandung: Nuansa.

Mashudi, Farid. 2012. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Ircisod.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner: Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik; Hukum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nata, Abudin. 2015. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Nurihsan, Ahmad Juntika. 2011. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusyan, A. Tabrani Rusyan. 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan & Konseling, Cet.1. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Supardi, Baharudin. 2009. Berbakti Untuk Bumi. Bandung: Rosdakarya.

Thaha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1997. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Warson Munawwir, Ahmad. 2002. Kamus Al-Munawwir; Arab-Indonesia Terlengkap. Cet. Ke 25. Surabaya: Pustaka Progresif.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yonny, Asep dan Sri Rahayu Yunus. 2011. Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif dan Disenangi Siswa. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal



View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id