PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS V MI TERPADU AD-DIMYATI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4210Keywords:
Baca Tulis Al-Qur’an, Metode ScaffoldingAbstract
Sebagai kalam Allah, al-Qur’an adalah kitab suci yang pada dasarnya sebagai pedoman dan pembimbing manusia untuk mencapai kemakmuran dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun pada kenyataanya banyak siswa yang tidak bisa membaca dan menulis al-Qur’an. Salah satu faktor penyebab di balik ini adalah pendidik cenderung hanya berfokus pada metode pembelajaran konvensioanal.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas V MI Terpadu Ad-Dimyati Bandung setelah menggunakan metode scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimen one grouf pretest posttest. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa metode scaffolding sangat sistematis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an
siswa kelas V MI.
References
Abdulllatif, Model Pembelajaran Scaffolding. (online). http://repository.upi.edu (3 Februari 2018).
Abdul Qodir, Muhammad, 1981, Thuruqu Ta’limi At-tarbiyah Al-Islamiyah, Kairo:Maktabah Al-Nahdoh Al-Misyriyyah
Basri, Hasan, 2012, Terjemah Al-Qur’an Al-Mubarrok, Bandung: Al-Hira
Gus Arifin dan Suhendri Abu Faqih, 2010, Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya, Jakarta:Elek Media Komputindo
Hamid, Abdul, 2008, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:UIN Malang Press,2008
Hoetomo, 2005, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: PT. Mitra Pelajar
Ibrahim, Muhammad Jaramy, 2001, Mu’jam Ulum Al-Qur’an, Damaskus: Darul Qolam
Jum’ah, Ali, 1425 H, Ahlkamu At-Tilawah Wa At-Tajwid Al-Muyassarah, Riyadh: Darul Nafais,
Kartini Kartono dan Dali Dula, 1987, Kamus psikologi Pendidikan, Bandung: CV.Pionerjaya
Najar, Philip, 1969, Arabic Without Teacher, Beirut: Dar Al Ilm Lilmalayin
N. Sudjana dan Ibrahim, 2007, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinarbaru Algesindo
Ratnawati Mamin, Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur†Jurnal Chemical, Vol 2, 55-60
Shihab, Quraish, 1998, Mukjizat Al-Qur’an, Bandung:Mizan
Supardi, Perbandingan Metode Membaca Al-Qur’an Bagi Pebelajar Pemula Di TKA/TPQ Kelurahan Bareng Malang dalam Jurnal Penelitian Keislaman, 1/12/2004
Suyono & Harianto, 2016, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2016
Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Edisi Ke-4, Jakarta:Kencana
Yamin, Martinis, 2011, Paradigma baru Pembelajaran, Jakarta:Gaung Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).