PENJADWALAN OPTIMAL TIPE PRODUKSI FLOWSHOP DUA TAHAP MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND DENGAN MEMPERHATIKAN WAKTU TRANSPORTASI

Marie Muhammad, Elis Ratna Wulan

Abstract


Penjadwalan produksi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu penjadwalan produksi tipe jobshop dan penjadwalan produksi tipe flowshop. Penjadwalan produksi tipe flowshop adalah sebuah penjadwalan sebuah produk yang sedemikian rupa sehingga setiap produk diproduksi melalui mesin yang sama dengan alur produksi yang sama. Terdapat beberapa masalah flowshop, salah satunya adalah dengan memperhatikan waktu transportasi. Dan metode Branch and Bound adalah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah penjadwalan produksi dengan memperhatikan waktu transportasi untuk meminimalisir waktu yang terlewati. Pada penulisan Studi Literatur ini, Penjadwalan optimal dari 4 buah job dan 2 buah mesin dengan memperhatikan waktu transportasi adalah 1, 2, 4, dan 3 dengan waktu yang terlewati adalah 59 unit satuan waktu.


Keywords


Flowshop; Jobshop; Branch and Bound; Waktu Transportasi; Waktu yang Terlewati

Article metrics

Abstract views : 57 | PDF views : 73

Full Text:

PDF

References


Baker, Kenneth. 1974. Introduction to Sequencing and Scheduling. America : John Wiley and Son Inc.

Deepak Gupta, dkk. (2013). Optimal Two Stage Flow Shop Scheduling Problem with Branch And Bound Method Including Transportation Time. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering. Maharishi Markandeshwar University, Mullana, Ambala, India.

Eko Wicaksono, Farouq (dkk.). (2014). Simulasi Aturan Johnson Untuk Penjadwalan Produksi Flowshop di Perusahaan Furnitur. Dalam Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB. [online] Vol 3 (8).

Kurniawan Tirtha, Dhany. (2007). Perancangan Program Aplikasi Penjadwalan Produksi Filling Cabinet M Enggunakan Algoritma Smith Pada Pt. Elite Permai Metal Works Ltd. Skripsi pada Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Laila Rizki Fauziah, Nur Rahma. (2013). Laporan Praktikum Perencanaan Dan Pengendalian Produksi Acara V Penjadwalan Jobshop Dan Flowshop. Laporan Praktikum pada laporan praktikum sistem produksi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Mercado, R. Z. R. dan Bard, J. F., (1997), A Branch and Bound Algorithm for Flowshop Scheduling with Setup Times, University of Texas, Austin.

Merza Khaliel. (2005). Usulan Penjadwalan Produksi Pada Proses Produksi Flowshop Dengan Metode CDS Dan Branch And Bound di PT. Kabelindo Murni TBK. Skripsi pada Universitas Bina Nusantara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.