RESEPSI DZIKIR AL-MA’TSURAT DALAM MENGHAFAL ALQURAN (Analisis Tindakan Pada Santri Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Pada Masa Pandemik Corona)


Muhammad Asnajib(1*)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji resepsi santri terhadap pembacaan dzikir Al-Ma’tsurat yang dilakukan pada waktu pagi dan petang. Pembiasaan ini diyakini mampu menyucikan jiwa sekaligus menjadi jalan agar mudah dalam menghafal Alquran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi tidak nampaknya efek penyucian jiwa terutama dalam mempermudah menghafal Alquran. Pendekatan teori tindakan sosial Max weber digunakan agar dapat menelusuri makna terdalam yang ingin dicapai oleh asatidz dan santri Islamic Boarding House Budi Mulia Dua. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk melihat secara detail proses pelaksanaan dzikir setiap hari dan menggali makna terdalam pengalaman berdzikir para santri dan asatidz. Penelitian ini menunjukkan 4 proses tindakan yakni; tindakan tradisional yang dilakukan oleh para santri dan asatidz dapat dilihat dari upaya mereka untuk selalu melestarikan kebiasaan berdzikir, baik ketika sedang di pesantren ataupun di rumah masing-masing. Sedangkan  tindakan afektif dapat dilihat dari emosi yang mereka tampilkan atau rasakan terhadap tradisi pembacaan al-ma’tsurat, tindakan afeksi ini sangat beragam ada yang mengabaikan, ada yang memulainya dengan keterpaksaan karena tanggung jawab sebagai muslim, ada pula yang merasakan sebagai kebutuhan. Sedang nilai intrumental terlihat dari motivasi santri yang melaksanakan dzikir ma’tsurat. Mereka secara sadar akan tujuan membiasakan dzikir al-ma’tsurat  yaitu merasa tentram, tenang, percaya diri, bahkan mampu selalu ikhlas sebagai ciri jiwa yang bersih. Penemuan nilai rasional ini memotivasi santri  untuk selalu membiasakan dzikir meskipun sendirian di rumah, sebagai dampak dari wabah corona yang mengharuskan disiplin menetap di rumah.


Keywords


Al-Ma’tsurat; Resepsi; Tindakan Sosial; Max Weber

References


Al-Banna, Hasan. 2016a. Al-Ma’tsurat: Dzikir Dan Doa Rasulullah Pagi Dan Sore. Terj: Tim Pustaka Nuun. Semarang: Pustaka Nuun.

———. 2016b. Risalah Pergerakan, Majmu’atu Rasail, Terj. Muhammad Mahdi Akif. Surakarta: Era Adicitra.

Al-Hasani, ‘Alami Zādah. 2005. Al-Fath Al-Rahmān Li Ṭaālib Āy Al-Qur’ān. Beirut: Dar Ibn Katsir.

Al-Tirmidzi, Abu Isa. 1975. Sunan Al-Tirmidzi Vol.5. Mesir: Maktabah Mushtafa al-Babi al-Halbi.

Amin, Wildan Rijal. 2017. “Kupatan, Tradisi Untuk Melestarikan Ajaran Bersedekah, Memperkuat Tali Silaturahmi, Dan Memuliakan Tamu.” Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat 14(2).

Ariyani, Silma. 2019. “Resepsi Hadis Tentang Zikir Setelah Salat Maktubah Jama’ah Syahadatain Di Desa Bantengmati Kecamatan Mijen Demak.” UIN Walisongo Semarang.

Asnajib. “Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta.”

Aswin. 2013. “Kualitas Hadis Dan Zikir Pagi Dan Petang Dalam Al-Ma’tsurat Al-Sughra Karya Hasan Albanna.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hasan, Cece Jalaludin. 2019. “Bimbingan Dzikir Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Tazkiyatun Nafs.” Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam 7(2).

Jannah, Nur. 2017. “Pengaruh Zikir Al-Ma’tsurat Dan Terjemahannya Terhadap Penurunan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional.” Jurnal Studia Insania 5(2): 155.

Jasmadi, and Lailatul. 2016. “Muslimah, Hubungan Kuagan Kebahagiaan Padalitas Dzikir Den Mahasiswa Aktivis Dakwah Kampus (ADK) Unsyiah.” Jurnal Psikoislamedia 1(1).

Jones, Pip. 2003. Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post Modernisme(Trj.) Saifuddin. Jakarta: Pustaka Obor.

Kafid, Nur. 2014. “From Personal to Social Transformation: A Phenomenological Study on the Life of ‘Kyai Kampung.” Jurnal Komunitas: Research & Learning in Sociology and Anthropology 6(2).

Khalil, Ahmad. 2008. Islam Jawa Sufisme Dalam Etika Dan Tradisi Jawa. Malang: UINMalang Press.

Kholiq, A. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik Dan Kontemporer. Semarang: Pustaka Pelajar.

Kusnandar, Nanadar. 2017. “Penafsiran Dzikir Menurut Abdul Qadair Jailani Dalam Tafsir Al-Jailani.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mulkhan, Abdul Munir. 2004. “Kecerdasan Makrifat Dan Revolusi Spiritual Dalam Tradisi Sufi (Bagian Pertama).” Kependidikan Islam 1(2).

Muniruddin. 2018. “Bentuk Zikir Dan Fungsinya Dalam Kehidupan Seorang Muslim.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 6(1).

Murni, Dewi. 2016. “Paradigma Umat Beragama Tentang Living Quran (Menautkan Antara Teks Dan Tradisi Masyarakat).” Jurnal Syahadah IV(2).

Mustaqim, Abdul. 2014. Idea Press Yogyakarta, Metode Penelitian Al-Quran Dan Tafsir. Yogyakarta.

Musthofa. 2013. “Motivasi Zikir.” Al-Tahrir 13(1): 171–86.

Nasution, Ahmad Yani. 2018. “Analisis Zikir Dan Doa Bersama (Perspektif Empat Madzhab).” Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora 1(1): 33–54.

Nawawi, Ismail. 2008. Risalah Pembersih Jiwa: Terapi Perilaku Lahir & Batin Dalam Perspektif Tasawuf. Surabaya: Karya Agung Surabaya.

Norkholis, Alis Muhlis dan. 2016. “Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis).” Jurnal Living Hadis 1(2).

Nurhayati, Elis. 2019. “Dampak Dzikir Terhadap Kesehatan Jiwa (Penelitian Di Majlis Dzikir Al-Istiqomah Kampung Cikoloho Desa Cibitung Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi).” Uin Sunan Gunung Djati.

Nurlaen, Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani dan Yuyun. 2019. “‘Makna Simbolik Zikir Pada Jemaah Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah (Studi Kasus Pada Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis).’” Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 15(2): 89–97.

Pasir, Supriyanto. 2019. Tafsir Is’af Al-Qashirin: Tafsir Surat Al-Fātih}ah & Surat Al-Baqarah. Yogyakarta: DPPAI UII.

Pujilestari, Yulita. 2020. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.” ‘Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan 4(1).

Purwanto, Setiyo. 2006. “Relaksasi Dzikir.” Suhuf XVIII(1).

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Rahman, Syahrul. 2016a. “Living Quran: Studi Kasus Pembacaan Al-Ma’tsurat Di Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu.” Syahadah: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir 4(2).

———. 2016b. “Studi Kasus Pembacaan Al-Ma’tsurat Di Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu.” (2): 24.

“Resepsi Kaum Waria Terhadap Alquran Studi Kasus Pengajian Alquran Di Pondok Pesantren Waria Al-Fattah Yogyakarta.” 2015. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

RI, Kementrian Agama. 2011. Alquran & Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya.

Ridha Suci Nindyasputeri Ridhas, Citra Indriani Mandala, Anisah Zaqiyatuddinni, Muhammad Aditya S. 2017. “‘Pengaruh Terapi Zikir Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi’ Vol. 8 No. 1, Juli 2017.” Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1): 30–34.

Rusmana, Dindin Moh Saepudin; Dadan. 2019. “Tradisi Menghidupkan Malam Nisfu Sya’ban Di Masyarakat Dan Pengaruh Masyarakat Urban Studi Living Qur’an Di Masjid Miftahul Jannah Rw 11, Desa Sindang Pakuon, Cimanggung, Sumedang.” Diyā al-Afkār 7(1).

Saefullah, Aris. 2012. “Terapi Zikir Jama’ati Di Desa Luwoo Dan Tenggela Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Al- Ulum 12(1): 223–44.

Saifuddin Zuhri Qudsy, Subkhani Kusuma Dewi. 2018. Living Hadis: Praktik, Resepsi, Teks Dan Tranmisi. Yogyakarta: Q Media.

Saleh, Arman Yurisaldi. 2018. Berdzikir Untuk Kesehatan Syaraf. Hikaru Publishing.

Setyabudi, Iman. 2012. “Pengembangan Metode Efektivitas Dzikir Untuk Menurunkan Stres Dan Afek Negatif Pada Penderita Stadium Aids.” Jurnal Psikologi 10(2).

Suryadilaga, M. Alfatih. 2009. Aplikasi Penelitian Hadith Dari Teks Ke Konteks. Yogyakarta: Teras.

Syakuro, Abdan. 2018. “Tradisi Pembacaan Al-Ma’tsurat Di Masyarakat Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Syukur, Amin. 2012. Terapi Hati. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.

Telaumbanua, Dalinama. 2020. “Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia, Qalamuna -Jurnal Pendidikan.” Sosial, dan Agama 12(1).

Wendry, Novizal. 2019. “Majelis Zikir Al-Mujahadah Demangan Yogyakarta (Studi Kebutuhan Masyarakat Kota Terhadap Agama).” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 6(1).

Yogyakarta, Budi Mulia Dua Foundation. “Budi Mulia Dua Foundation Yogyakarta.”

Zulkifli bin Mohd Yusoff, Hamza Binti Muhammad. 2005. “Biografi Haji Mohd Said Dan Sejarah Penulisan Tafsir Nur Al-Ehsan.” Al-Bayan: Journal of al-Quran and al-Hadith 3: 65–82.

Internet

https:www.//muslim.or.id/29658-keutamaan-dzikir-pagi-dan-sore-1.html

Wawancara

Abdullah & Khoir (Santri), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 04 Juni 2020

Amanullah, Rifky (Santri), angket oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 11 Juni 2020.

Annisa, Putri (Santri), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 04 Juni 2020.

Fauzi, Muhammad Adam (Santri), angket oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 13 Juni 2020.

Fikri, Muhammad Ichsan (Santri), angket oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 12 Juni 2020.

Hamzah, Nurul (Ustadz), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 22 Maret 2020.

Ja’far (Mudir), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 23 Maret 2020.

Justitia, Silvia Aura (Santri), angket oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 11 Juni 2020.

Luthfi, Ari (Admin), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 23 Maret 2020.

Nashih Ulwan, Abdullah (Santri), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 23 Maret 2020.

Nurkhan, Kamilia (Santri), angket oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 11 Juni 2020.

Rina, Baiq (Ustadzah), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 22 Maret 2020.

Sabiquna Khoir, Muhammad (Santri), wawancara oleh Asnajib, Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Yogyakarta, tanggal 22 Maret 2020.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v5i1.8190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Asnajib

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.