ISTIKHDĀM USLŪB AL GHINĀ FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH LI TARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ ALHIWĀR AL ‘ARABĪ


Aep Saepurrohman(1*), Siti Laela Nurhayati(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertolak belakang dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung yang beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit. Realita ini menjadikan minat dan semangat belajar mereka menurun. Oleh karena itu, seorang guru perlu memilih teknik yang sesuai agar para siswa merasa semangat dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar sebelum menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode quasi eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, test, dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik dari 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat meningkatkan kemampuan siswa dalam hiwar siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung dengan nilai t hitung (276) lebih besar dari t tabel (73).


Full Text:

PDF

References


Al Nāqah, Mahmud Kāmil. 1985. Ta’līm al Lughah al ‘Arabiyyah li Nāthiqīna bi Lughāt Ukhrā. Riyadh: Al Mamlakah al ‘Arabiyyah al Su’udiyyah.

Al-Khuli, Muhammad Ali. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Basan Publishing.

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat

Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim. 2011. Idlāat li Mu’allimī al Lughah al ‘Arabiyyah Li Ghairi al Nāthiqīna Bihā. Al Mamlakah al ‘Arabiyyah al Su’udiyyah.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran BahasaArab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ibrahim, Abdul ‘Alim. 1962. Al Muwajjih al Fanni Li Mudarrisī al Lughah al ‘Arabiyyah. Mesir: Daar al Ma’arif al Qahirah.

Khoirotun, Ni’mah.2018. Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Lamongan : Universitas Islam Darul Ulum.

Kosim, Nanang. 2016. Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung : Arfino Raya

Mulyana. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. 2002. Qāmūs al Munawwir al ‘Arabī-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Samak, Muhammad Shālih. 1979. Fan al Tadrīs li Tarbiyah al Lughawiyyah. Mesir: Maktabah al Anjlo Misroniyyah.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatam Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tarigan, Guntur Henry. 1989. Pengajaran Kosakata. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.