IMPLEMENTASI COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB


Nanang Kosim(1*), Ami Gusmiati(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian  ini  bertolak  dari  penggunaan  metode  pengajaran  bahasa  Arab  yang  masih menggunakan  metode  klasik.  Hal  itu  nampak  dimana  metode  tersebut  digunakan  di berbagai   sekolah   dan   pesantren   dalam   pembelajaran   bahasa   Arab.   Metode   kaidah terjemah  dianggap  sebagai  metode  yang  terbaik  dalam  pengajaran  bahasa  Arab.Pada penelitian  ini  peneliti  akan  menyampaikan  metode  baru  dalam  pembelajaran  bahasa Arab yang lebih  didasarkan  pada  keaktifan siswa. Dengan kata lain  pembelajaran pada metode  ini  lebih  difokuskan  pada  kerjasama  antarsiswa  dalam  pembelajaran  bahasa Arab.Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pendekatan,   metode,   dan   teknik pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa yang bersifat komunitas;Community  Language  Learning  (CLL).  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian ini  adalah  metode  analisis  teori.  Adapun  hasil  penelitiannya  bahwa  pendekatan  yang digunakan  pada   metode  ini  adalah  pendekatan  kolaboratif,  sedangkan  metode  dan teknik  pembelajarnnya  lebih  menekankan  pada  keaktifan  siswa  dan  guru  berperan sebagai pemberi solusi atas semua permasalahan siswa


Full Text:

PDF

References


Brown, H. D. 1977. Some limitations of C-L/CLL models of second language teaching. TESOL Quarterly 11(4): 365-372.

Curran, C. A. 1972. Counseling-Learning: A Whole-Person Model for Educa¬tion. New York: Grune and Stratton.

Curran, C. A. 1976. Counseling-Learning in Second Languages. Apple River, 111: Apple River Press.

La Forge, P. G. 1971. Community Language Learning: A pilot study. Language Learning 21(1): 45-61.

La Forge. P. G. 1975a. Community Language Learning: The Japanese case. In F. C. C. Peng (ed.), Language in Japanese Society. Tokyo: University of Tokvo Press. 215-246.

La Forge, P. G. 1975b. Research Profiles with Community Language Learning. Apple River, 111.: Apple River Press.

La Forge, P. G. 1977. Uses of social silence in rhe interpersonal dynamics of Community Language Learning. TESOL Quarterly 11(4): 373-382.

La Forge, P. G. 1983. Counseling and Culture in Second Language Acquisition. Oxford: Pergamon.

Lim, K. B. 1968. The unified language project. RELC Journal 9(1): 19-27.

Mackey, W. F. 1972. Bilingual Education in a Binational School.

Rowley, Nkss.: Newbury House. Moskowitz, G. 1978. Caring and Shading in the Foreign Language Class. Rowley, Mass.: Newbury House.

Munby, J. 1978. Communicative Syllabus Design. Cambridge: Cambridge Uni¬versity Press.

Rardin, J. 1976. A Counseling-Learning model for second language learning. TESOL Newsletter 10(2): 21-22.

Rardin, J. 1977. The language teacher as facilitator. TESOL Quarterly 11(4): 383-38.

Rogers, C. R. 1951. Client-Centered Therapy. Boston: Houghton Mifflin.

Samimy, K. 1989. A comparative study of teaching Japanese in the audiolingual method and the counseling-learning approach. Modern Language Journal 73(2): 169-177.

Samimy, K., and J. Rardin. 1994. Adult language learners' affective reactions to Community Language Learning: A descriptive study. Foreign Language An¬nals 27(3):379-90.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.