Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Manajemen Pemasaran Produk Gula Semut Berbasis Kemitraan Di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar


Deni Kamaludin Yusup(1*), Ayi Yunus Rusyana(2), Irna Fitrianingsih(3)

(1) Program Studi FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Program Studi PMH FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) Program Studi PMH FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi oleh temuan awal dalam kegiatan KKN SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada pertengahan 2016, tepatnya di Desa Binangun Keca-matan Pata¬ruman Kota Banjar. Alasan pemilihan lokasi ini didasarkan kepada alasan bahwa Desa Binangun memiliki karakteristik yang unik, yakni selain menjadi daerah pertanian, sebagian masyarakatnya – terutama kalangan perempuan – juga memiliki profesi sebagai pengrajin dan sekaligus produsen industri rumahan (home industry), seperti: Gula Semut, Dodol, Wajit, Keripik, Kerupuk, Teng Teng, dan sejenisnya. Namun kebanyakan dari mereka belum memiliki perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi bisnis yang baik, terutama dalam memasarkan produk-produknya. Implikasinya adalah pemasaran produk gula semut dan pendapatan hasil usaha mereka kurang optimal, sehingga belum mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Padahal Desa Binangun ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata di Kota Banjar. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana program pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat dikem¬bangkan melalui kemitraan antara lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga keuangan, yang difokuskan pada manajemen pemasaran produk gula semut di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar.


Keywords


Economic Development; Gula Semut; Manajemen; Pemasaran; Produk

Full Text:

PDF PDF

References


Agustina. Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Briwijaya Press.

Chambers. R. 1996. Participatory Rural Appraisal: Memahami Desa Secara Partisipatif,. Yogyakarta: Oxfam – Kanisius.

Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Herman Kartajaya dan M. Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Hikmat. Harry. 2004. Strategi Pember-dayaan Masyarakat. Bandung: HUP.

Hubeis. Musa. 2011. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler. Philip. 1996. Dasar-dasar Pema-saran Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

----------- dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas: Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Martodireso dan Widada. 2002. Agribisnis Kemitraan Usaha: Upaya Peningkatan Kesejah¬teraan Petani. Yogyakarta: Kanisius.

Randy R. Wrihatnolo & Riant Nugroho Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pember¬¬dayaan, Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat Jakarta: Kelompok Gramedia.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Siswanto. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siagian. Sondang P., 2004. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi. Ulbert. 2009. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Soetomo. 2011. Pemberdyaan Masya¬rakat, Mungkinkah Muncul Anti Tesanya? Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Soemardjo. 2004. Teori dan Praktik Kem-itraan Agribisnis. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sumidiningrat. Gunawan. 1999. Pember-dayaan Masyarakat dan Jaring Penga¬man Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.

Terry, George R. & L. W. Reo. 2017. Dasar-dasar Management. Terje-mahan G. A. Ticoalu. Jakarta. Bina Aksara.

Winardi, J.E, 1992. Manajemen Perilaku Organisasi, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ya’kub. Hamzah. 1993., Kode Etik Dagang Menurut Islam. Bandung: CV. Diponogoro.

Yusup. Deni K. 2001. BMT dan Bank Islam: Instrumen Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Bani Quraisy.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :