Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel
DOI:
https://doi.org/10.15575/jak.v2i2.5984Keywords:
Education. Praiseworthy, Internalization of valuesAbstract
Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah bentuk untuk memajukan kehidupan negara, kesejahteraan negara, dan menjadikan negara yang bermoral tinggi, beretika, dan berbudaya sosial yang mulia. Pendidikan dilakukan demi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengabdian ini merupakan pengandian dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif, data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan sosialisasi . Analisis data menggunakan reduksi data, untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya akhlakuk karimah dalam kehidupan sehari-hari baik akhlak kepada Allah, orang tua, guru, teman sebaya maupun akhlak-akhlak yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu juga pengabdian ini juga bertujuan untuk menganalisa bagaimana tingkat moralitas siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menilai kualitas akhlak generasi-generasi penerus bangsa, baik itu di masa sekarang atau nanti di masa yang akan datang. Â Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki antusias dan partisipasi yang tinggi menjadi insan yang lebih baik hal ini terbukti secara implisit dalam kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan, yang mana hal ini secara tersirat menunjukkan perkembangan akhlak siswa dalam menghargai orang lain.
References
Zaenul Fitri, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Fadilatama.
Zuhari. dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama; Dilengkapi dengan Sistem Modul dan Permaianan Simulasi. Surabaya: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya dan Usaha Offset Printing.
Haryanto.2012. : dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhliâ€. http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 22 september 2019
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurdin, Muslim, dkk. 1995. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: CV Alfabeta.
Aceh, Aboebakar. 1991. Pendidikan Sufi Sebuah Karya Mendidik Akhlak Manusia Karya Filosof Islam di Indonesia. Solo: CV. Ramadhani.
Soedijarto. 2003. Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu. Jakarta: BalaiPustaka
Thoha, Chabib. 2006. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maksudin. 2008. Pendidikan Nilai Sistem Boarding School di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Yogyakarta: Pps UIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Open Access
Journal Al-Khidmat is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of Community Engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published.Â
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.