ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNGDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v2i3.1291Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama pada Kelas XI materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah tiga puluh orang. Indikator komunikasi yang diteliti adalah menyatakan dan mengilustrasikan ide matematika ke dalam bentuk model matematika. Penelitian ini difokuskan pada penguasaan komunikasi matematis siswa terhadap soal-soal bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah soal komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar materi tabung dan kerucut. Pengolahan data untuk melihat adanya kemampuan komunikasi matematis dengan cara melihat jawaban siswa pada lembar jawaban. Setelah melihat jawaban siswa, disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang bervariasi dalam menyelesaikan soal, yang menggambarkan kemampuan komunikasi siswa.Tidak semua siswa dapat menyelesaikan soal komunikasi matematis. Namun demikian, 60% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Mimimal (KKM).
References
Aziz Abdul, Budiyono, Subanti Sri. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inquiri Learning dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan spasial Siswa Kelas VIII SMP Neegeri se-Kota Surakarta. JMEE Volume 1, Agustus 2015
Djamarah, S. B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Mahmud Djuwita Amin, Hartono (2014). Keefektifan Model Pembelajaran ISK dan DI ditinjau dari Motivasi, Sikap, dan kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1- Nomor 2, November 2014
Muslim, Audra P. (2013). Peningkatan Kemampuan Presentasi Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Thingking Aloud Pair Problem Solving Disertai Hypnoteching (Hypno-Tapps). Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://repository.upi.edu.
Putri R. I., Santosa R. H., (2015). Keefektifan Strategi REACT ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,. Vol. 2 No. 2, November 2015. 262-272.
Qohar, Abdul (2012). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba Seminar Matematika XIX. ISBN : 978-979-17763-3-2
Suryadi D., (2008). Metapedadidaktik dalam pembelajaran Matematika: Suatu strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Matematika Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Pendidikan Matematika FPMIPA UPI 22 Oktober 2008.Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).