ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNGDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Authors

  • Yenni Yenni Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v2i3.1291

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis  siswa sekolah menengah pertama pada Kelas XI  materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah tiga puluh orang. Indikator komunikasi yang diteliti adalah menyatakan dan mengilustrasikan ide matematika ke dalam bentuk model matematika. Penelitian ini difokuskan pada penguasaan komunikasi matematis siswa terhadap soal-soal bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah soal komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar materi tabung dan kerucut. Pengolahan data untuk melihat adanya kemampuan komunikasi matematis dengan cara melihat jawaban siswa pada lembar jawaban. Setelah melihat jawaban siswa, disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang bervariasi dalam menyelesaikan soal, yang menggambarkan kemampuan komunikasi siswa.Tidak semua siswa dapat menyelesaikan soal komunikasi matematis. Namun demikian, 60% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Mimimal (KKM).

Author Biography

Yenni Yenni, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang

References

Aziz Abdul, Budiyono, Subanti Sri. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inquiri Learning dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan spasial Siswa Kelas VIII SMP Neegeri se-Kota Surakarta. JMEE Volume 1, Agustus 2015

Djamarah, S. B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mahmud Djuwita Amin, Hartono (2014). Keefektifan Model Pembelajaran ISK dan DI ditinjau dari Motivasi, Sikap, dan kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1- Nomor 2, November 2014

Muslim, Audra P. (2013). Peningkatan Kemampuan Presentasi Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Thingking Aloud Pair Problem Solving Disertai Hypnoteching (Hypno-Tapps). Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://repository.upi.edu.

Putri R. I., Santosa R. H., (2015). Keefektifan Strategi REACT ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,. Vol. 2 No. 2, November 2015. 262-272.

Qohar, Abdul (2012). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba Seminar Matematika XIX. ISBN : 978-979-17763-3-2

Suryadi D., (2008). Metapedadidaktik dalam pembelajaran Matematika: Suatu strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Matematika Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Pendidikan Matematika FPMIPA UPI 22 Oktober 2008.Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2016-09-12