Kompetensi mahasiswa membuat multimedia pembelajaran matematika bernuansa nilai-islam


Asep Jihad(1*), Anasis Anasis(2)

(1) (ID Scopus: 57193953185 ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Mata kuliah media pembelajaran matematika menuntut mahasiswa memiliki kemampuan menguasai materi matematika, mengajar, juga harus mampu membuat multimedia pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam sebagai ciri khas mahasiswa di salah satu universitas Islam yang berada di Bandung. Penelitian menggunakan Metode deskriptif evaluatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester 4. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis tentang kemampuan mahasiswa dalam media pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai Islam, instrumen yang digunakan angket dan produk multimedia berbasis nilai Islam. Hasil penelitian, pelaksanaan perkulihan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa membuat multimedia matematika berbasis nilai-nilai islam termasuk kategori rendah, Hasil analisis tersebut dijadikan data untuk merancang model perkuliahan pada prodi matematika agar bisa melakukan kolaborasi antara mata kuliah konten Matematika, mata kuliah bidang Keguruan, dan mata kuliah bidang Agama.


The mathematics learning media course requires students to have the ability to master mathematics, teach, and also to be able to create learning multimedia based on Islamic values as a characteristic of students of an Islamic university in Bandung. This research uses descriptive evaluative method. The research was conducted on students of the 4th semester of Mathematics education. This study aims to analyze students' abilities in learning media of Mathematics based on Islamic values, the instruments used are questionnaires and Islamic values-based multimedia products. The results of the study, the implementation of learning in improving students' abilities to create multimedia mathematics based on Islamic values is included in the low category. The results of the analysis are used as data to design lecture models in the mathematics study program so that they can collaborate between Mathematics content courses, Teacher training courses, and Religion field courses.


Keywords


matematika, multimedia, deskriptif evaluatif, nuansa islam

References


Abdusysyakir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Malang Press.

Abdusysyakir. 2009. Matematika 1 Kajian Integratif Matematika dan Alquran. Malang: UIN Malang Press.

Anas, N., Alwi, , Razali, Subki, dan Bakar. (2013). The integration of konowledge in Islam: concept and challenges. Global Journal of HUMAN SOCIAL SCIENCE Linguistics & Education, 13(10). Retrieved from https://socialscienceresearch. org/index.php/GJHSS/article/view/734/681

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Abdullah, Amin, (2014). Praksis Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu dan Transformasi Islamic Studies. Makalah diseminarkan di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 22-23 Oktober 2014.

Bernard, M. (2016). Pengaruh Visual Basic Application For Excel Terhadap Kemampuan Kreatif Mahasiswa tentang Definisi dan Teorema Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Volume 4, hal. 167-175

Briggs, Ann R.J., dan Daniela Sommefeldt, (2002) Managing Effective Learning and Teaching, London: Sage Publications Company.

Fathul Mufid,(2017) “Integrasi Ilmu-Ilmu Islam”, Jurnal Equilibrium, Vol. 1, No.01, 2013, diakses di journal.stainkudus.ac.id/index.php/ equilibrium/article/download/200/pdf pada tanggal 27 Desember 2017.

Gagne, R.M. (1975). Essentials of learning for Instruction: Expanded Edition. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Maarif, Samsul. (2015) “Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika.Infinity 4, no. 2 (2015): 223–36.

Nihayati. (2017) “Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an)” 3, no. 1 (2017): 65–77.

Nurmala R, Maharani Izzatin (2018) Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Pdm Berbasis Buku Teks Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurnal Borneo Saintek Volume 1, Nomor 3, Oktober 2018

Pendra, Tri. (2012) “klasifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep matematika,” 11. Malang, Sardar, Ziadudin. (1989) Sains, Teknologi dan Pembangunan di Dunia Islam. Bandung: Pustaka.

Sanjaya, Wina. (2012) Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana,

Simon, M.A. (1995). Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective. Journal for Research in Mathematics education, 26 (2), 144- 145

Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis WEB dengan Menggunakan WordPress. Jurnal EduMa , 89.

Simon, M.A. (1995). Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective. Journal for Research in Mathematics education, 26 (2), 144- 145

Simon, M.A., & Tzur, R. (2004). Explicating the role of mathematical task in conceptual learning: An elaboration of the hypoyhethical learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Sholikatun Khasanah (2015) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendidikan Nilai Islam , Jurnal Matematika dan Pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.14916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id