MENINGKATKANKEMAMPUAN METAFORA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT BERBANTUAN BAHAN AJAR ALJABAR


Sendi Ramdhani(1*), Rani Sugiarni(2)

(1) Universitas Suryakancana, Indonesia
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Kemampuan matematika siswa masih rendah, khususnya  kemampuan metafora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan metafora matematis siswa dengan strategi REACT berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Al-Madina tahun ajaran 2017-2018, sampel pada penelitian ini sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan metafora tiap siklus, lembar observasi guru dan sisiwa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pembelajaran dengan Strategi REACT berbantuan bahan ajar Aljabar dapat meningkatkan kemampuan metafora para siswa di SMP Al-Madina. Hal ini ditunjukan dengan hasil tes kemampuan metafora setiap siklusnya. Pada tindakan siklus I daya serap klasikal siswa menacapai 59 %, dan tindakan siklus II hampir 77 % daya serap klasikal mengalami peningkatan. Selain itu aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan stategi REACT dapat meningkatkan kemampuan metafora.

Kata kunci: REACT, Kemampuan Metafora, PTK

Abstract. The mathematical ability of students is still low, especially the ability of metaphor. This study aims to determine the improvement of students' mathematical metaphorical abilities with the strategy of REACT aided Instructional Materials Algebra. The research method uses Classroom Action Research which is implemented in 2 action cycles. Population in this research is student of class VII of Al Madina Junior High School year 2017-2018, sample in this research counted 22 people. The instrument used is a matter of metaphor ability test each cycle, teacher observation sheet and side in learning. The results showed that by applying the learning with REACT Strategy assisted Algebra learning materials can improve the metaphor ability of the students at Al Madina Junior High School. This is indicated by the metaphor capability test results of each cycle. In the cycle I action the classical absorption of students reaches 59%, and the second cycle action almost 77% of the classical absorption is increased. In addition, the activities of teachers and students in each cycle well. Based on the results of this study concluded that learning with REACT strategy can improve the ability of metaphor.

Keywords: REACT, Metaphorical Ability, PTK


References


Harrer, K. P. ,. R. D. G. ,. A. R. A., 2013. . Research On Collaborative Planning And Reflection –. Springer-Verlag Berlin Heidelberg, Volume EC-TEL 2013, LNCS 8095, Pp. Pp. 139-150.

Arifin, A.T, Kartono, Sutarto, H. 2014. Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, Volume 5 Nomor 1, Halaman 91 – 98. Semarang : FMIPA UNNES.

Khairiyah, R. (2018). Pengaruh pembelajaran matematika berbasis drama terhadap kemampuan berpikir metafora (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018).

Lestari, K.E. Dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Pojokpajar.Com, 2017. Buktikan Sanksi Tegas Tawuran Pelajar Di Cianjur. [Online]

Available At: Http://Jabar.Pojoksatu.Id/Uncategorized/2017/03/25/Buktikan-Sanksi-Tegas-Tawuran-Pelajar-Di-Cianjur/

[Diakses 31 Mei 2017].

Erawati, Ria. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Metro Barat. SkripsiAndreas.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id