Improving Learning Outcomes with Supported Liveworksheets: A Constructivist Approach to Teaching Linear Equations of Two Variables System


Nida Fitria(1*), Ressa Fitrian(2), Suhendra Suhendra(3), Cece Kustiawan(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagian besar pembelajaran matematika tidak membangun pemahaman siswa tentang fakta, konsep, prinsip, dan kemampuan sesuai dengan apa yang mereka miliki. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan E-LKPD dengan menggunakan pendekatan konstruktivis yang didukung dengan Liveworksheet pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jenis penelitian ini disebut Research and Develepoment. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subyek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sebelum dilakukan pengujian, produk diverifikasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah produk dinyatakan valid, dilakukan tes di kelas eksperimen kecil sebanyak 10 siswa dan kelas eksperimen besar sebanyak 23 siswa untuk memperoleh tanggapan evaluasi mengenai kualitas E-LKPD. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan cara hasil angket yang diolah dengan perhitungan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata ahli sumber daya, sebesar 110 dengan kategori sangat baik, nilai rata-rata ahli media adalah sebesar 89 dengan kategori sangat baik, kelas eksperimen kecil hasil respon siswa dalam adalah 97,7 (Baik), dan hasil respon siswa terhadap eksperimen kelas besar sebesar 96,6 (Baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa, E-LKPD dengan pendekatan konstruktivisme didukung Liveworksheets pada materi SPLDV untuk Kelas VIII layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

 

Most mathematics learning does not build students' understanding of facts, concepts, principles, and abilities according to what they have. This development research aims to develop and test the feasibility of Electronic worksheets using a constructivist approach supported by Liveworksheet on Two-Variable Linear Equation System. This type of research called Research and Development. The development model used is ADDIE. The subjects of this study were 20 8th-grade students in one of the junior high schools in Sleman Regency, Yogyakarta. Before testing, the product was verified by material and media experts. After the product was declared valid, tests were conducted in a small experimental class of 10 students and a large experimental class of 23 students to obtain evaluation responses regarding the quality of Electronic worksheets. Data analysis used qualitative and quantitative descriptive analysis using questionnaire results processed with Likert scale calculations. The results showed that the average value of resource experts amounted to 110 (good), the average value of media experts was 89 (good), the small experimental class of student response results was 97.7 (Good), and the results of student responses to large class experiments amounted to 96.6 (Good). It can be concluded that Electronic Worksheets using a constructivist approach is supported by Liveworksheets on Systems of Linear Equations in Two Variables for Grade 8th is suitable for use in mathematics education.


Keywords


E-LKPD, Constructivism, Liveworksheets, SPLDV

References


Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Fajria Trisna, D Ghaisani, NRT, & Setyasto, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik (Lks) Berbasis Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6147-6156. https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i8.4571

Guerrero-Quiñonez, A. J., Bedoya-Flores, M. C., Mosquera-Quiñonez, E. F., Ango-Ramos, E. D., & Lara-Tambaco, R. M. (2023). Hybrid Education: Current Challenges. Ibero-American Journal of Education & Society Research, 3(1), 276–279. https://doi.org/10.56183/iberoeds.v3i1.629

Hidayatullah, FS& A. F. (2019). Pengembangan LKPD Menulis Teks Eksposisi Berbasis Model Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas VIII. Simbol-J, 7.

Jumroh, J., Octaria, D., & Nia, N. (2022). The Development of Geogebra Assisted E-Module on Integral Course Material. Jurnal Analisa, 8(2), 117–129. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19660

Karmini, N. W., S., M. N., Nugrahanti, T. P., Ramadhan, I., Rusliandy, R., & Sukomardojo, T. (2023). Hybrid Learning: Strategies to Attract Student Learning Interests and Outcomes on Post Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2275–2283. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3460

Krisdiana, I., Setyansah, R. K., & Pratiwi, I. A. (2020). Student Worksheets with The Spldv Calc Application To Improve Creative Thinking Abilities. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 686. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.19366

Lestari, A. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Web Di SMAN 5 Metro (Vol. 1, Issue 1).

Meri-Yilan, S. (2019). A Constructivist Desktop Virtual Reality-Based Approach to Learning in a Higher Education Institution (pp. 258–283). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7987-8.ch013

Mishra, N. R. (2023). Constructivist Approach to Learning: An Analysis of Pedagogical Models of Social Constructivist Learning Theory. Journal of Research and Development, 6(01), 22–29. https://doi.org/10.3126/jrdn.v6i01.55227

Muthmainnah, A., & Rohmah, S. (2022). Learning Loss: Analisis Pembelajaran Jarak Jauh.Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Prastika, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Interaktif Berbasis Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.

Purnama, et al. (2010). Pengaruh Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 1-10. DOI: 10.33578/jpms.v1i1.1

Rosida, N., Pujiastuti Pendidikan Matematika, H., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Raya Jakarta Km, J. (2020). Analisis pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Analisa, 6(2), 163–172. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan

Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY

Syafitri, R. (2020). Pentingnya Lembar Kerja Siswa (Lks) Elektronik (E-Learning) Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Masa Pandemi Covid-19.

Syahraini, A., Priatna, N., & Suhendra, S. (2023). Students’ Pseudo-Thinking Process in Solving SPLDV Problems Based on Polya’s Stages. Jurnal Analisa, 9(1), 12–21. https://doi.org/10.15575/ja.v9i1.26543

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Balikpapan.

Wiarsih, C., Nofiana, M., Yusi Risnani, L., & Tek Ong, E. (2023). Enhancing Classroom Learning through Hybrid Teaching and Learning: Insights from a Four-Session Training Program. https://doi.org/10.30595/Dinamika/v15i1.16923




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v10i1.31951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id