Pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan habit of mind matematis mahasiswa melalui teknik self-explanation

Authors

  • Iyon Maryono UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rosi Oktaviani Saputri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6258

Keywords:

Self-explanation, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Mathematical Habits of Mind

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari pembelajaran dengan teknik self-explanation pada mahasiswa yang mengikuti kuliah geometri analitik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan habit of mind matematis.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu desain Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas dengan teknik self-explanation (30 orang) dan kelas dengan model pembelajaran langsung (33 orang). Data yang diperoleh berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala habits of mind matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh teknik self-explanation lebih baik dibandingkan dengan yeng memperoleh pembelajaran langsung; (b) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh strategi self-explanation lebih baik dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran langsung berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematis (PAM). (c) Mathematical Habit of Mind untuk dimensi: komitmen, kapabilitas dan kebijakan semuanya terkategori positif setelah memperoleh strategi self-explanation.

Author Biographies

Iyon Maryono, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rosi Oktaviani Saputri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Matematika

References

Buchanan, N. K. (1987). Factors contributing to mathematical problem-solving performance: An exploratory study. Educational Studies in Mathematics, 18(4), 399–415.

Chapman, O. (2015). Mathematics teachers’ knowledge for teaching problem solving. LUMAT (2013–2015 Issues), 3(1), 19–36.

Chi, M. T., Bassok, M., Lewis, M. W., Reimann, P., & Glaser, R. (1989). Self-explanations: How students study and use examples in learning to solve problems. Cognitive Science, 13(2), 145–182.

Costa, A. L., & Calick, B. (2009). Habits of Mind Across the Curriculum: Practical and Creative Strategies for Teachers. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Lazakidou, G., & Retalis, S. (2010). Using computer supported collaborative learning strategies for helping students acquire self-regulated problem-solving skills in mathematics. Computers & Education, 54(1), 3–13.

Lerch, C. M. (2004). Control decisions and personal beliefs: Their effect on solving mathematical problems. The Journal of Mathematical Behavior, 23(1), 21–36.

Lim, K. H., & Selden, A. (2009). Mathematical habits of mind. 1576–1583.

Mark, J., Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Sword, S. (2010). Developing Mathematical Habits of Mind. Mathematics Teaching in the Middle School, 15(9), 505–509.

Maryono, I., Dewi, S. A. L., & Syaf, A. H. (2018). Karakteristik pencapaian kemampuan pembuktian dan kepercayaan diri mahasiswa melalui metode moore. Jurnal Analisa, 4(2), 72–82.

McNamara, D. S., O’Reilly, T., Rowe, M., Boonthum, C., & Levinstein, I. B. (2007). ISTART: A web-based tutor that teaches self-explanation and metacognitive reading strategies. Reading Comprehension Strategies: Theories, Interventions, and Technologies, 397–421.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Scheiter, K., Gerjets, P., & Schuh, J. (2010). The acquisition of problem-solving skills in mathematics: How animations can aid understanding of structural problem features and solution procedures. Instructional Science, 38(5), 487–502.

Siegler, R.S. & Lin, X. (2010). Self-Explanations Promote Children’s Learning. In Waters, H.S. & Schneider, W. (Eds.). Metacognition, strategy use, and instruction. New York: The Guilford Press.

Published

2019-12-27