Penggunaan kartu positif-negatif untuk meningkatkan hasil belajar


Ragustini Ragustini(1*), Rizki Zakwandi(2)

(1) SD Negeri Gerbang Raya 3 Kecamatan Periuk Kota Tangerang, Indonesia, Indonesia
(2) Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dapat dianalisis berdasarkan hasil belajar peserta didik. Pada pelajaran matematika, kemampuan peserta didik dilihat pada kemampuan untuk menjawab soal yang terindeks pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran berupa kartu positif-negatif. Sampel yang digunakan berasal dari kelas V yang berjumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran berupa kartu positif-negatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan aspek-aspek kemampuan berpikir yang ditunjang oleh penggunaan media kartu positif-negatif


Keywords


kartu positif negatif, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

References


Agustina, R. D., Muhammad Minan Chusni, Winda Setya, & Rizki Zakwandi. (2018). Respon Peserta Didik dalam Praktikum Fluida Statis Menggunakan Alat Roberval Balance. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1), 76–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1046

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Hake, R. R. (1999). Analizing Change/ Gains Scores. http://www.physics.indiana.edu/~sdi/analyzingchange-gain.pdf.

Panjaitan, S. (2015). Efektifitas alat peraga model kartu positif dan negatif terahadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(3), 82–91.

Pitriana, P., Agustina, R. D., Zakwandi, R., Ijharudin, M., & Kurniawan, D. T. (2018). Fun Science : Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143

Putri, M. S. (2016). Penggunaan media kartu bilangan positif negatif sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Delegan II Prambanan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayuningsih, R., Masykuri, M., & Utami, B. (2012). Penerapan Sijklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 127449.

Rahimah, N., & Asy’ari, A. (2017). Keterampilan Dasar Geometri Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Kemampuan Matematika Di Mi Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.55

Susilawati, Susilawati, & Sridana, N. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. BIOTA: Jurnal Tadris IPA Biologi FTIK IAIN Mataram, 8(1), 27–36.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Prima Edukasia, 2(2), 183–193.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id