Development of algebraic structure teaching materials to overcome learning difficulties for students


Siti Maysarah(1*)

(1) UIN Sumatera Utara, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan produk bahan ajar Struktur Aljabar I dalam menanggulangi kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika disalah satu universitas kota Medan. Tipe riset ini ialah riset pengembangan (development research) dengan memakai model 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi jadi 4 sesi yakni define, design, develop, serta disseminate. Sampel dalam riset ini berjumlah 242 mahasiswa. Hasil dalam riset ini yaitu produk bahan ajar Struktur Aljabar I dikatakan layak digunakan dalam menanggulangi kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika karena memenuhi 3 kriteria, yakni: valid, praktis, serta efektif. Sehingga bahan ajar dapat digunakan untuk perkuliahan Struktur Aljabar I berikutnya.


Keywords


Bahan Ajar, Struktur Aljabar, Kesulitan Belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, Safwan. (2005). Pengantar Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Fadillah, Syarifah dan Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Pontianak: Cakrawala Pendidikan. Edisi Februari 2016, Tahun XXXV, No.1 P-ISSN: 0216-1370, E-ISSN: 2442-8620.

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangan Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah, Bogor: Ghalia Indonesia.

Maysarah, Siti. (2018) Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Sumatera Utara Medan dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar. Medan: FITK UIN Sumatera Utara.

Setyaningsih, Riyatin, Sri Sutarni, Sri Rejeki. (2015). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar II. Surakarta: FKIP UMS.

Siagian, Pargaulan. (2015). Pengembangan Bahan Pelatihan Pelaksanaan Model Pembelajaran pada Guru Pamong Mahasiswa. Medan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIPPMI Medan, 21 Nopember 2015.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Usman, Moh. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuniati, Suci. (2013). Peta Konsep (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Struktur Aljabar: Riau: Gramatika Vol. III No.2 Mei 2013.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id