Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline


Nurul Khusnah(1*), Sri Sulasteri(2), Suharti Suharti(3), Fitriani Nur(4)

(1) UIN Alauddin Makassar, Indonesia
(2) UIN ALauddin Makassar, Indonesia
(3) UIN ALauddin Makassar, Indonesia
(4) UIN ALauddin Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran JiMat menggunakan articulate storyline kelas VIII disalah satu smp di Jeneponto yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon guru. Hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran JiMat menggunakan articulate storyline valid dan praktis serta memenuhi kriteria minimum yang ditetapkan. Sehingga media JiMat dapat digunakan pada pembelajaran selanjutnya.


Keywords


Media Pembelajaran; Articulate Storyline

References


Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Pustaka Refleksi.

Articulate. (2020). Articulate Product History. https://articulate.com/support/article/articulate-product-history

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning (Cetakan 1). Rajawali Pers.

Dewi Rosida Rakhmawati; Mujib, Mujib, C. K. M. (2018). Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan - Pdf. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 49.

Khoiriah, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Materi Bangun Ruang untuk Kelas IV SD/MI. UIN Sunan Kalijaga.

Nugroho, A. A., & Purwati, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific. Euclid. https://doi.org/10.33603/e.v2i1.355

Nurfitriani, S. dan M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif: Pendidikan MIPA, vol 7, No.

Nurjannah, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5127

Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2019). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka. https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2894

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Edisi 4). Pranamedia Group.

Wafiyah, I. A. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 8, No. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/27383




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id