Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa

Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa

Authors

  • Halwa Fudhilaallah Mahmudah Syah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Jihad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yayu Nurhayati Rahayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v11i1.43062

Keywords:

Model Pembelajaran Reflektif, Kemampuan komunikasi matematis, self concept

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan konsep diri merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen tentang penerapan model pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-concept siswa yang melibatkan siswa Kelas XI SMA negeri di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional dan reflektif, membandingkan peningkatan antar kedua model, dan mengetahui self-concept siswa setelah memperoleh model pembelajaran reflektif. Instrumen yang digunakan berupa test dan non test. Hasil temuan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reflektif berkategori tinggi, sedangkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional berkategori sedang, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan kemampuan self-concept siswa setelah memperoleh model pembelajaran reflektif dikategorikan kuat dilihat dari analisis data angket self-concept siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran reflektif efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-concept siswa, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran matematika.

References

Aprilia, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. BOIEDUKATIKA, 4(1), 27-30. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4739

Asmedy. (2021). Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran means ends analysis (MEA) dengan model pembelajaran konvensional pokok bahasan dimensi tiga. Ainara Journal, 2(2), 124-132. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.42

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Retnawati, H., Hadi, S., Nugraha, A.C., Ramadhan, M.T., Apino, E., Djidu, H., et. al. (2017). Menyusun Laporan Hasil Asesmen Pendidikan di Sekolah. Sleman: UNY Press.

Jihad, A. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Cipta Persada Bandung.

Jihad, A. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Fakultas dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021.

Kholil, M. & Putra, E.D. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 1(1) 64. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.6

Lestari & Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Listanti F, I.A. (2022). Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika. Sesiomadika.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Malang: CV. Irdh.

Muhammad Rais, F. A. (2019). Pembelajaran Reflektif Seni Berpikir Kritis, Analitis Dan Kreatif (Ke-1). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negri Makassar.

Marliani, N. & Nurhayati. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Replektif Berbasis Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional, 403-411.

Arieska, P.K. & Herdiani, N. (2018). PEMILIHAN TEKNIK SAMPLING BERDASARKAN PERHITUNGAN EFISIENSI RELATIF. STATISTIKA, 6(2), 166-171. https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p

Pujiastuti, H. & Haryadi, R. (2024). The Effectiveness of Using Augmented Reality on the Geometry Thinking Ability of Junior High School Students. Procedia Computer Science, 234, 1738–1745. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.03.180

Putra, F.G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203-210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35

Rahayu, N. & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121–136.

Rahim, A. (2017). Pengaruh konsep diri dan adversity quotient terhadap kemandirian santri. Fenomena, 16(1), 61–78.

Riduwan. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rila Septia Pratama Putri, T. A. (2022). Kajian Reflektif Teori Thorndike dalam Konteks Representasi Matematis Berdasarkan Ideologi Utilitarian. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 80–96.

Rosiyana, S., Irawati, R.P., & Busri, H. (2017). EFETIVITAS MODEL REFLECTIVE TEACHING BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK. LISANUL ARAB: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.15294/la.v6i1.14391

Anindya, S., Sunarsih, D., & Wahid, F.S. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Diskalkulia. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.663

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta

Tohirin, D. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Widuroyekti, B. (2013). Pembelajaran Reflektif dan Pengembangan Kompetensi Menulis untuk Menyiapkan Guru SD Profesional. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VI Tahun 2014, 931-948.

Nuari, Y.R., Assaibin, M., & Febryanti (2023). The Effect of Reflective Learning Models with Realistic Mathematical Approaches with Keasyariahan Nuances on Mathematics Learning Outcomes. Jounal of Mathematics and Applied Statistics, 1(1), 17-25. https://doi.org/10.35914/mathstat.v1i1.38

Published

2025-06-20
Loading...