Efektivitas Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2523Keywords:
Model learning cycle 5E, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Learning Cycle 5Edalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis stastistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,33% dan 96,67% dinyatakan tidak tuntas. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E di kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil pesrsentase observasi yang dilakukan bahwa rata-rata ketercapaian kegiatan tahapan proses pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 76,86%, dan peserta didik 75,31%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan berhasil dengan baik. Perolehan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 88,3 dan kelas control 76,67. Analisis data dari kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh t-hitung 4,73 dan t table pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,02 maka t hitung > t table. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
References
al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Grup.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. III. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Astutik, S. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar Learning Cycle 5E berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Sains di SDN Patrang I Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1, : 144-145.
Abdullah, S. (2012). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Kustawan, D. (2013). Analisis Hasil Belajar. Jakarta: PT. Luxima.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Zain, I. A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui Keterampilan Bertanya Guru. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1, 34.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).