Efektivitas Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI


Kania Dana Utami(1*)

(1) Islamic Education, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Learning Cycle 5Edalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes.  Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis stastistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dan kelas kontrol  sebesar 3,33% dan  96,67% dinyatakan tidak tuntas. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E di kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil pesrsentase observasi yang dilakukan bahwa rata-rata ketercapaian kegiatan tahapan proses pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 76,86%, dan peserta didik 75,31%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan berhasil dengan baik. Perolehan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 88,3 dan kelas control 76,67. Analisis data dari kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh t-hitung 4,73 dan t table pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,02 maka t hitung > t table. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.


Keywords


Model learning cycle 5E, Hasil Belajar

References


al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Grup.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. III. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Astutik, S. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar Learning Cycle 5E berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Sains di SDN Patrang I Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1, : 144-145.

Abdullah, S. (2012). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Kustawan, D. (2013). Analisis Hasil Belajar. Jakarta: PT. Luxima.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Zain, I. A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui Keterampilan Bertanya Guru. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1, 34.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kania Dana Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id